Terserang Hama, Petani Buah Naga di Tellulimpoe Terancam Gagal Panen

SINJAI, Suara Jelata— Sejumlah petani buah naga di Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, menjerit lantaran tanaman buah naga di wilayahnya terserang hama penyakit.

Seperti yang diungkapkan petani buah naga, Asfar, bahwa tanaman buah naga di lahan seluas hampir satu hektare sejak beberapa bulan terakhir terserang penyakit. Dimana pada batang buah naga mengalami pembusukan dan kulit pada buahnya pun mengeras.

“Hampir semua tanaman buah naga di Kecamatan Tellulimpoe rusak akibat terserang penyakit. Kami juga tidak tahu apa nama penyakitnya. Yang jelas, batangnya mengalami pembusukan hingga menyisakan tulang batang. Buahnya juga berpengaruh, paling ada satu atau dua buahnya” Katanya saat ditemui suarajelata di kebunnya, Selasa (07/12/2017).

Ia menambahkan kalau kali ini sudah dipastikan tidak bisa memproduksi buah naga yang maksimal seperti kondisi biasanya saat masih normal.

“Kalau kondisi seperti ini, kami tidak bisa produksi dan bisa saja gagal panen. Cuma ada satu atau dua buah saja yang bisa dipetik. Itupun kondisi buanya kurang bagus,” Tambahnya. 

Hal senada diungkapkan Taslim, yang juga mengaku kalau petani sudah berupaya menyemprot dengan pestisida namun serangan penyakit tersebut tidak kunjung mereda. Bahkan, dengan cara peremajaan dengan bibit baru tidak bisa karena turut diserang penyakit.

“Penyakit itu menyerang pada batang buah naga, ketika sudah muncul bintik- bintik kuning, tumbuhan itu lalu membusuk. Bahkan pada buahnya ada bercak-bercak putih dan lama-kelamaan buahnya melethek (retak) dan rasanya pun tidak manis lagi” Kuncinya.

ZHENAL/BUR