Optimis 1 Februari BPJS Gratis Berlaku, Akbar Mukmin: Karna Inpres Nomor 8 2017

SINJAI, Suara Jelata—Pelaksana tugas (PLT) Sekda Sinjai Akbar Mukmin optimis program persetujuan penerapan cakupan semesta program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kabupaten Sinjai akan berlaku di Sinjai. Rabu, (17/1/2018).

Hal ini diutarakan saat diwawancarai media ini setelah mengikuti rapat pembahasan BPJS bersama Komisi I yang menghasilkan keputusan akan melakukan konsultasi ke Provinsi besok (18/1), dia memaparkan jika program ini sangat perlu diterapkan dengan adanya Inpres no.8 yang terbit.

“Baik ditingkat propinsi maupun tingkat kabupaten sampai tingkat desa itu kan berdasarkan peraturan perundang undangan, nah ini inpres nomor 8 2017 itu kan di tandatangani 23 november kemarin. Kemudian ditindak lanjuti oleh surat kementrian dalam negeri 8 januari 2018, dasar itulah semua kita berupaya menindak lanjuti dan hari ini kita ajukan di DPRD Sinjai.”Katanya.

Ketika ditanya jika kenapa baru sekarang hal ini akan diberlakukan sementara anggaran APBD pokok 2018 sudah diketuk, Akbar mengaku berdasar dari regulasi.

“Jadi memang termasuk internal anggota  Dewan terkadang mempertayakan program ini kenapa baru saat ini akan diberlakukan bukan waktu yang lalu lalu, hanya saja waktu itu kita belum menyakini dengan regulasi, dengan terbitnya inpres no 8  2017 ini wajib hukumnya untuk kita menindak lanjutinya”Terangnya.

Lanjutnya, Kesiapan anggaranya nanti estimasi yang tertinggi sekitar 19 milyar, tetapi itu nanti hitungannya berdasarkan jumlah data anggota BPJS yang masuk, estimasinya nantinya dimungkinkan turun tidak lagi naik kalau berdasarkan jumlah penduduk yang memang dipersiapkan untuk dibayarkan pemerintah daerah itu perkiranya 60 ribu lebih.

“Tetapi itu tergantung data data yang masuk, kalau tidak cukup, maka anggaran disesuaikan jumlah data yang ada. Ada kemungkinan kalau tidak tersedia anggaran seperti itu tadi, maka kegiatan yang lain yang tidak berdampak kepentingan masyarakat itu bisa saja diparsialkan, tadi sudah ada kesepakatan ada kemungkinan anggaran akan dialihkan kalau memang anggaran memang belum cukup untuk ini.”Bebernya.

Anggota dewan besok melakukan konsultasi, kemudian hari jumat direncanakan untuk paripurna, mudah mudahan diparipurna sudah ada keputusan insya Allah bisa dijalankan di tanggal 1 Ferbuari 2018 dan dinikmati seluruh warga Sinjai,Kuncinya.

IZHAR