Kecelakaan Pengendara Dibawah Umur, Lantas Polres Bone Cekatan Menangani

BONE, Suara Jelata—Telah terjadi lakalantas antar sepeda motor yamaha Mio J Vs yamaha Mio membuat kedua pengendara terluka lecet di Jl. Sukawati, Kelurahan Macege, Kab. Bone. Selasa, (10/04/2018).

Dimana sepeda motor yamaha Mio Ji DW 6976 FN yang dikemudikan oleh Krismiano (33) melaju dari arah barat menuju timur.

Saat tiba dipersimpangan jalan tiba tiba muncul dari arah utara motor Yamaha Mio DW 3744 AH yang ditumpangi oleh seorang anak sekolah bernama Fadilah (15) hingga Kecelakaan lalulintas tidak dapat dihindari lagi.

Satuan Lalu Lintas Polres Bone Bringpol Isra Afandi yang sedang bertugas disekitar kejadian kecelakaan langsung memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan yang di bantu oleh masyarakat yang membuat perhatian tertuju pada Polantas yang sedang membantu Korban.

Salah seorang warga Amir mengatakan bahwa keberadaan Polisi di sini melakukan pertolongan pertama memberikan pembelajaran kepada kami bahwa seperti ini cara penanganan kecelakaan yang benar.

“Dimana sering sekali terjadi kecelakaan lalulintas dan penanganan/pertolongan awal masyarakat kurang tepat sehingga dapat merugikan korban dan menyulitkan proses penyidikan pihak kepolisian,” ungkap Amir.

Terpisah, saat di Konfirmasi Kanit Turjawali Lantas Ipda Dodie Ramaputra menuturkan, proses penanganan awal kecelakaan yang dilakukan anggota kami bisa menjadi edukasi bagi masyarakat yang melihat kejadian tersebut.

“Bahwa pertolongan untuk korban kecelakaan menjadi tindakan awal dan utama tanpa mengabaikan penandaan letak atau posisi korban sebelum dipindahkan, sehingga dapat memudahkan proses penyidik kasus kecelakaan,”Tuturnya.

Olehnya itu, kami menghimbau kepada masyarakat apabila menemukan kejadian kecelakaan agar melakukan tahapan yang benar diantaranya.

“Menolong Korban, dan memberikan tanda letak korban sebelum dipindahkan,memperhatikan kondisi korban, dengan memberikan tindakan yang tepat, menghubungi pihak Rumah Sakit atau diupayakan membawa ke Rumah Sakit untuk mendapat pertolongan medis secara profesional, menghubungi pihak Kepolisian, Membantu Kepolisian dengan memberikan keterangan kronologis kajadian atau saksi kejadian,” Ungkapnya.

Ia melanjutkan, salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas disebabkan salah satu pengendara yang terlibat kecelakaan tergolong anak di bawah umur yang belum diperbolehkan membawa kendaraan.

“Kami mengharapkan kepada anak yang masih di bawah umur atau orang tuanya agar tidak memberikan kendaraan kepada anak apabila belum memenuhi syarat umur, karena sangat berbahaya bagi generasi muda kita.” Kuncinya.

IRFAN