4 Bulan Tak Digaji, Tenaga Sukarela Dukcapil Sinjai Mogok Kerja

SINJAI, Suara Jelata—Puluhan tenaga Sukarela di Lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sinjai mogok kerja. Sebanyak 77 orang mulai hari mogok kerja. Selasa, (17/4/2018).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi Identitas Penduduk Disdukcapil, Muh Tahir. Menurutnya mogok kerja yang dilakukan para pegawai Disdukcapil lantaran gajinya selama empat bulan, yakni mulai bulan Januari sampai bulan April belum dibayarkan.

“Kendalanya dari perencanaan, karena mulanya direncanakan pembayarannya dianggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tapi ternyata itu tidak bisa setelah kami konfirmasi,” katanya.

Menurutnya, dengan mogoknya puluhan Sukarela, bukan berarti pelayanan akan lumpuh akan tetapi ada beberapa yang tidak bisa berjalan. Mereka yang mogok adalah bagian Administrator, Oprator, dan juga Bagian Perekaman.

“Menurut keputusan pimpinan, gaji mereka baru akan dibayarkan setelah Pembahasan Anggaran Perubahan, dan berdasarkan SK gaji mereka sebesar 220 ribu per bulan,” Bebernya.

Tahir menambahkan bahwa yang melayani masyarakat sekarang adalah para pegawai negeri bersama beberapa tenaga Sukarela yang tidak mogok kerja.

Hal tersebut membuat masyarakat yang datang mengurus data kependudukannya terpaksa harus pulang. Salah satunya Jumarlin, warga Desa Tellulimpoe, Kecamatan Tellulimpoe mengaku dari pagi menunggu, namun kartu KK yang diurusnya tidak selesai.

“Saya menunggu sejak pukul 08.00 pagi tadi, data saya sudah masuk tapi belum bisa diambil hari ini. Juga alasannya jaringannya jelek. Saya tidak tahu ternyata tenaga operatornya tidak masuk kerja. Terpaksa harus pulang dulu,” kuncinya.

ZAENAL