140 Pemuda Sinjai Disiapkan Pemda Jadi Pelaut

SINJAI, Suara Jelata— Dinas Perhubungan Sinjai melepas 44 orang utusan Pemkab Sinjai untuk mengikuti bimbingan teknis serta pendidikan dan pelatihan tenaga kepelautan ke Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Barombong Makassar.

Pelepasan yang dilakukan oleh Plt. Kepala Dinas Perhubungan Sinjai ini berlangsung di Terminal Tellulimpoe, Jl. Bulu Pattuku, Sinjai Utara. Rabu, (18/4/2018).

Kepala Dinas Perhubungan, Firdaus mengatakan pengiriman utusan ini merupakan bentuk kerjasama Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Perhubungan Laut dengan Pemda Sinjai yang telah memasuki gelombang Kedua.

“Alhamdulillah, hari ini kita kembali lepas 44 orang, dan ini tahap kedua, sebelumnya ditahap pertama telah mengirimkan 96 orang, jadi jumlah keseluruhan yang telah kami utus sebanyak 140 orang,” kata Firdaus.

Meski belum memenuhi kuota yang telah ditetapkan yakni 200 orang namun komitmen Pemda Sinjai telah mengupayakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menjawab tingginya kebutuhan tenaga handal di bidang transportasi laut.

“Kerjasama ini sudah berlangsung 2 tahun, dan semuanya gratis, mulai dari pendaftaran hingga pemberangkatan ke BP2IP Barombong Makassar,” bebernya.

Firdaus beharap program Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Perhubungan Laut dapat berkelanjutan di kabupaten Sinjai setiap tahunnya.

“Sinjai memiliki wilayah pesisir yang cukup luas, mudah – mudahan dapat berlanjut ditahun depan untuk memberikan kesempatan bagi anak – anak kita yang ingin menambah keterampilan di bidang kepelautan,” kuncinya.

zhenal