Demo Peringati Hari Buruh Dan Hardiknas, Ini Tuntutan HMI Sinjai

SINJAI, Suara Jelata— Sejumlah Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sinjai menggelar unjuk rasa di perepatan Jl. Jendral Sudirman, samping Polres Sinjai. Rabu, (2/5/2019).

Unjuk rasa yang dilakukan kader HMI dalam rangka memperingati Hari Buruh dan Hari Pendidikan Nasional ini dikawal ketat aparat kepolisian.

Meski sempat bersitegang dengan aparat kepolisian dari Polres Sinjai ketika demonstran mencoba untuk membakar ban bekas namun dihalangi oleh petugas keamanan.

Aksi yang dipimpin Korlap, Zulfikar dalam tuntutannya meminta Pemerintah untuk mencabut Perpres No. 20 Tahun 2018 karena mengancam tenaga kerja lokal yang akan kehilangan kesempatan kerja.

Mereka juga meminta agar Tenaga Kerja Asing yang masuk harus skill workers, mereka yang unskill workers harus dilarang, terutama buruh kasar dari China.

Selain itu mereka menuntut Pemerintah untuk mematuhi UU No. 13 Tahun 2003 yang berkaitan dengan TKA.

Mendesak DPR membentuk pansus TKA, karena jika banyak buruh kasar yang masuk akan menjadi ancaman bagi kedaulatan dan keamanan Nasional Indonesi (Bentuk Perda untuk kesejahterakan pekerja masyarakat Sinjai).

Wujudkan cita-cita kebangsaan ‘wajib cerdaskan masyaraka Indonesia’. Bentuk Perda Pendidikan Kabupaten Sinjai dan kesejahteraan pengajar.

Setelah berorasi di perepatan Jl. Jendral Sudirman, para peserta aksi menuju Kantor DPRD Sinjai dikawal ketat pihak keamanan dari Polres Sinjai.

zhenal