Dinkes Sinjai Gandeng BBPK Makassar Gelar Pelatihan Deteksi Dini

SINJAI, Suara Jelata— Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai bekerja sama dengan Balai Basar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar melaksanakan Pelatihan Deteksi Dini dan Penatalaksanaan Gangguan Jiwa Bagi Tenaga Kesehatan (Dokter dan perawat) Tingkat Kabupaten Sinjai. Senin, (07/05/2018).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai berlangsung tanggal 7-12 Mei 2018 dan diikuti sebanyak 32 orang peserta yang berasal dari Puskesmas dan Rumah Sakit se-Kabupaten Sinjai.

Pelatihan tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar peserta yang terdiri dari Dokter dan Perawat dapat melakukan penatalaksaan kasus gangguan jiwa difasilitas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa mengatakan bahwa mengingat kasus gangguan jiwa di Kabupaten Sinjai pada tahun 2017 cukup tinggi yaitu sebanyak 191 kasus, oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan kapasitas bagi Dokter dan Perawat.

“Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan agar tenaga kesehatan yang dilatih dapat melakukan deteksi dini masalah kesehatan jiwa sehingga penderita gangguan jiwa dapat di tangani sedini mungkin,” katanya.

Narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Dokter spesialis kedokteran jiwa dari Direktorat Pengendalian Kesehatan Jiwa dan NAPZA Ditjen P2P Kemenkes RI dan Perawat jiwa dari ikatan kesehatan jiwa Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan serta Master Of Trainer (MOT) dari BBPK Makassar.

PENULIS: AISYAH
EDITOR: ZHENAL BENZEMA