Peresmian Pembangkit Listrik, 3 Desa di Sinjai Borong Sudah Nikmati Listrik

Dr. Ir. Hj. Andi Yuliana Paris M.Sc (Anggota DPR-RI KOMISI VII) sedang membawakan sambutan dan meresmikan pembangunan listrik tenaga Mikro Hidro.

SINJAI, Suara Jelata— Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro dengan kapasitas 35 KW atas prakarsa Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris, M. Sc di Dusun Mattirotasi, Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai kemarin diresmikan. Sabtu (12/05/2018).

Berkat pembangkit listrik tenaga mikro hidro, akhirnya ratusan rumah di Desa Barambang, Bontokatute, Bontotanga dan Batu belerang dapat menikmati listrik.

Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris M.Sc yang juga sebagai anggota DPR-RI Komisi VII mengharapkan dengan adanya listrik tersebut diharapkan memberikan implikasi ke berbagai sendi kehidupan, antara lain pendidikan dan ekonomi masyarakat.

“Dengan adanya listrik, anak-anak penerus bangsa di desa yang tertinggal bisa belajar, bisa mengetahui informasi dengan adanya media-media seperti media elektronik.” Katanya.

Ia juga mengatakan bahwa pemerataan listrik di desa-desa yang tertinggal sangat penting agar kesejahteraan masyarakat itu bisa kita rasakan.

Lanjutnya, masih banyak desa yang tertinggal yang belum dipasang sambungan listrik, maka dari itu akan direncakanan dan didiskusikan kembali untuk diberikan sambungan listrik ke desa-desa yang belum tersentuh listrik.

PLT Bupati Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar SE sangat berterima kasih kepada Anggota Dewan Dr. Ir. Hj. Andi Yuliani Paris dan kepada Kementerian ESDM yang telah memberikan kepedulian dan bantuan kepada masyarakat desa Batu Belerang.

“Semoga bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama dan agar tetap bisa dijaga dan dirawat penggunaannya, karena setelah 72 tahun Indonesia Merdeka desa ini baru tersentuh aliran listrik.” Ungkapnya.

Direktur Rencana Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Noor Arifin M menjelaskan bahwa di Sinjai terdapat 3 lokasi penempatan PLT dengan jenis PLT adalah PLTMH atas prakarsa Ibu Andi Yuliani Paris sebagai anggota DPR RI Komisi 7 yg membidangi Energi.

“Adapun lokasi penempatan, nilai KW, dan nilai anggarannya yaitu Kecamatan Sinjai BoronB Desa Bonto Katute 127 KW dengan sambungan 213 dan nilai anggaran sebesar Rp. 4,878,124,718, Desa Barambang 50 KW, dengan sambungan 198 dan nilai anggaran sebesar Rp. 3,753,364,154, Desa Bonto Tangnga 76 KW, dengan sambungan 40 dan nilai anggaran sebesar Rp. 2,820,257,000.” Terangnya.

Andi Yuliani Paris juga memberikan selamat kepada masyarakat penerima bantuan sambungan listrik yang telah dipasangkan listrik.

“Tolong dijaga, dirawat penggunaannya agar bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, kira-kira kurang lebih 20 tahun PLTMH dan PLTS yang telah diserahkan akan menjadi tanggung jawab masyarakat untuk merawatnya, dan saya berharap, masyarakat setempat sudah mulai memikirkan pemeliharaannya.” Kuncinya.

Turut hadir, Direktur Rencana Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Noor Arifin M, PLT Bupati Kabupaten Sinjai, H. Andi Fajar Yanwar SE, Bapak DANDIM Kabupaten Sinjai, Kapolres Kabupaten Sinjai, dan pemerintah daerah setempat.

Aisyah/Redaksi