Jembatan Gantung Sungai Banoa Tellulimpoe Diresmikan, Tak Ada Lagi Anak SD Berenang Ke Sekolahnya

Sungai Kambuno Dusun Banoa Desa Sukamaju Kecamatan Tellulimpoe sempat viral baik dimedsos maupun di TV nasional atas unggahan video warganet yang memperlihatkan perjuangan anak SD menyebrangi Sungai ditengah arus deras hanya karna ingin pergi ke Sekolahnya. 

SINJAI, Suara Jelata—Pembangunan jembatan gantung yang terbentang diatas Sungai Kambuno Dusun Banoa Desa Sukamaju Kecamatan Tellulimpoe akhirnya selesai dan diserahkan serta diresmikan langsung pemanfaatannya kepada pemerintah daerah Kabupaten Sinjai, Rabu (13/6/2018).

Jembatan atas inisiasi Kodim 1424 Sinjai bekerjasama Vertical Rescue Indonesia (VRI) Bandung ini diserahkan langsung Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrojat kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar.

Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrojat mengatakan selain dibantu VRI Bandung, pembangunan jembatan gantung ini juga berkat dukungan masyarakat Banoa yang tulus dan ikhlas membantu siang dan malam.

Di katakan pembangunan jembatan gantung ini juga dikerjakan dalam waktu singkat, yakni 4 hari dengan memiliki panjang 35 Meter, tinggi 4 Meter dan panjang seling Seling 50 Meter dengan menggunakan kontruksi alam tanpa pengecoran sama sekali.

“Jembatan gantung ini merupakan jembatan pertama yang dibangun VRI Bandung, dan menjadi yang ke 55 di seluruh Indonesia. Jembatan ini juga dapat digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama jika dirawat,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt. Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada kodim dan VRI dalam kontruksi pembangunan jembatan gantung ini.

Fajar Yanwar berharap, dengan selesainya pembangunan jembatan ini dapat menjadi salah satu sarana transportasi penting masyarakat ditengah derasnya arus sungai Kambuno.

“Kami berharap jembatan ini bukan hanya untuk melintasi sungai saja, tapi diharapkan dapat menjadi akses penting untuk mengangkut hasil bumi masyarakat,” tandasnya.

Penyerahan dan peresmian jembatan gantung ini diakhiri dengan penanaman pohon kelapa yang dilakukan Plt Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar, Ketua DPRD Sinjai, Abd. Haris Umar, Dandim 1424 Sinjai, Letkol Inf. Oo Sahrojat, serta Kapolres Sinjai, AKBP Ardiansyah.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Komandan VRI Bandung, Kang Tedy Ixdiana, para Kepala Perangkat Daerah, Kabag, serta masyarakat setempat.

D-ZHAR