Berkali Kali Ditunda, Panwaslu Sinjai Tolak Gugatan SBY-AMM

Musyawarah penyelesaian sengketa di Kantor PANWASLU Sinjai

SINJAI, Suara Jelata– Panitia Pengawas Pemilu (PANWASLU) Kabupaten Sinjai menolak sepenuhnya gugatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, nomor urut 2, Sabirin Yahya-Andi Mahyanto Mazda (SBY-AMM) terkait permohonan mengenai keterlambatan memasukkan LPPDK di Kantor KPUD Sinjai.

Gugatan tersebut ditolak dalam musyawarah penyelesaian sengketa di Kantor PANWASLU Sinjai, Jalan Garuda. Senin, (09/07/18).

Dalam sidang Musyawarah penyelesaian sengketa Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Sinjai itu, tiga komisioner PANWASLU yang menjadi majelis hakim membacakan secara bergantian fakta-fakta yang dipersoalkan pemohon.

“Dalam pembacaan fakta-fakta oleh majelis, ketua majelis memutuskan  ” menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya” Kata Ketua PANWASLU Sinjai, A. Muh. Rusmin yang bertindak sebagai ketua majelis.

Kendati begitu, tim kuasa hukum dari paslon SBY-AMM yang diketuai Khair Khalis Syurkati mengaku akan menempuh jalur hukum lain di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Saya juga agak bingung setelah berkali-kali ditunda, kayaknya ada konspirasi politik yang dilakukan Panwaslu Kabupaten Sinjai. Terlebih orang PANWAS bukan orang hukum,” jelasnya.

Olehnya kata dia, Tim akan menempuh jalur lainnya dan akan melayangkan gugatan ke PTUN.

Sementara itu usai pembacaan putusan, Ketua PANWASLU Sinjai, Muhammad Rusmin enggan berkomentar, bahkan menolak untuk diwawancarai lebih lanjut perihal putusannya yang tidak memuaskan pihak penggugat.

DZAR/BUR/ZHEN