Independensi HMI

OPINI, Suara Jelata— Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan salah satu organisasi islam yang bersifat independen.

Independen adalah suatu sifat yang tidak berpihak pada suatu kelompok tertentu, kecuali hanya pada kebenaran. Independen juga merupakan bukti dari sebuah kemerdekaan berpikir, bersikap dan bertingkah laku.

Sifat independen HMI tertera pada BAB III pasal 6 yaitu HMI bersifat independen. Independensi terbagi dua, yaitu independensi etis (individu) yang tidak boleh condong atau terjun pada politik selama masih HMI dan independensi organisatoris tidak boleh menjadi pejuang salah satu partai politik.

Independensi etis merupakan sikap yang ketidakberpihakan individu tertentu, kader HMI harus bersikap akan tetapi sikapnya itu sifatnya kebenaran, objektifnya yaitu kejujuran dan keadilan begitupun independensi organisatoris objektifnya kejujuran dan keadilan.

Begitu pula tanggapan ketua PB HMI yang lagi viral di organisasi hijau hitam ini yaitu agar para senior-senior atau Korps Alumni HMI agar tetap mempertahankan independensi Himpunan Mahasiswa Islam dan tidak menjual nama HMI untuk kepentingan politik praktis. Ini bukti bahwa ada beberapa pihak yang sengaja memakai label hijau hitam agar mengsukseskan kepentingan pribadi.

Pada tanggal 14 sampai15 Juli 2018 adalah momentum HMI cabang Sinjai yang merupakan langkah awal untuk tetap pada independensinya, yang bertepatan pula dengan akan dilaksanakan Musyawarah Cabang (Muscab).

HMI cabang Sinjai perlu merubah paradigma para pemimpin, bahwa HMI jelas merupakan organisasi independen bukan organisasi praktis sehingga HMI mampu memperlihatkan eksistensinya di tengah carut marutnya demokrasi Indonesia.

Muscab HMI cabang Sinjai menghadirkan empat kandidat dan ini membuktikan kader-kader HMI siap sebagai pelanjut roda organisasi hijau hitam, tatkala pula independensi HMI kedepan harus di buktikan secara aktualisasi di lapangan.

Saya selaku salah satu kandidat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Sinjai periode 2018-2019 menyatakan bahwa apabila saya terpilih maka saya akan menjaga independensi HMI dengan Visi yaitu mempersiapkan kader HMI menuju insan cita, dan Misi yaitu dengan membangkitkan tradisi intelektual. Mari satukan barisan menuju BRIGADE.

Oleh: Harjuna (Kader HMI Sinjai)