68 Ribu Anak Jadi Sasaran Imunisasi Campak dan Rubella Dinkes Sinjai

Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) Dinkes Sinjai

SINJAI, Suara Jelata— Dinas Kesehatan (Dinkes) Sinjai canangkan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) yang berlangsung di Sekolah Dasar (SD) Negeri 103 Bontompare, Kelurahan  Biringere, Sinjai Utara.

Kampanye imunisasi ini dengan tema “Lindungi Anak dan Keluarga Kita dari Campak dan Rubella” secara resmi dicanangkan oleh wakil Bupati Sinjai, Andi Fajar Yanwar. Rabu, (1/8/2018).

Kegiatan ini Ddihadiri para Kepala OPD lingkup Pemkab Sinjai, para Kepala Puskesmas, dan beberapa peserta lainnya.

Sasaran kampanye ini adalah usia yang rentang terhadap penyakit campak dan rubella, yaitu usia 9 bulan sampai usia 15 tahun, seperti anak TK, Paud, SD/MI, SMP/Mts.

Andi Fajar Yanwar menyatakan bahwa modal pembangunan yang paling besar adalah sumber daya manusia, karena itu kita harus berinvestasi dan berusaha keras mewujudkan manusia yang sehat, kuat, produktif dan berdaya saing.

Fajar mengatakan bahwa fase anak paling penting dan istimewa adalah fase pertumbuhan, sehingga anak sebagai penerus harus sehat, bebas penyakit, asupan gizi yg baik, tumbuh dan besar dalam lingkungan dan keluarga yang sehat serta mendapat asuhan keluarga yang berkualitas.

“Salah satu upaya yang efektif untuk mencegah penyakit berbahaya adalah pemberian kekebalan buatan melalui imunisasi,” Katanya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Dinkes Sinjai, Irwan Syuaib mengatakan bahwa kampanye imunisasi MR adalah kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

“Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti radang paru (Pneumonia) radang otak (Ensefalitis) kebutuhan, gizi buruk, dan bahkan kematian,” Katanya.

Pelaksanaan imunisasi campak dan rubella berlangsung mulai bulan Agustus hingga September 2018.

Di Sinjai terdapat 68 ribu lebih anak yang menjadi sasaran program imunisasi ini, kemudian kader yang terlibat sebanyak 1.655 orang.

zhenal