Sejumlah Kades di Sinjai Timur ‘Dimarahi’ Kasi Pidsus Kejari Sinjai

Penyuluhan Hukum HIPPMAS Sinjai Timur

SINJAI, Suara Jelata– Pihak Kejaksaan Negeri Sinjai, merasa kecewa karena tidak hadirnya beberapa Kepala Desa beserta perangkatnya dalam acara Penyuluhan Hukum yang digelar Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HIPPMAS) di Aula Kantor Camat Sinjai Timur. Senin, (21/8/2018).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Penindakan Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Hari Surachman saat menjadi pemateri hukum dan sedang mengabsen daftar hadir Kepala Desa, Sekertaris, Bendahara, dan Perangkat Desa se Kecamatan Sinjai Timur.

Menurut Hari, seharusnya Kepala Desa khususnya di Kecamatan Sinjai Timur bisa lebih proaktif mengikuti kegiatan penyuluhan hukum dan peraturan terkait pengeloaan keuangan desa.

“Yang hadir sebagai pemateri bukan hanya saya saja, tapi ada dari Tipikor Polres, Ispektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sinjai. Jadi jangan salahkan siapa-siapa lagi ketika ada desa yang kedapatan melanggar karena Kepala Desa sendiri yang tidak mau hadir,” Katanya.

Hari Surachman menegaskan bahwa ketidak beberapa Kepala Desa menjadi catatan penting bagi dirinya.

“Kami jauh-jauh datang kemari menjadi pemateri karena ingin melihat desa lebih baik. Untung pekerjaan dan laporan keuangan desanya bagus, tapi kalau tidak gimana, padahal ini kan untuk desa juga,” Bebernya.

Padahal Desa Passimarannu, kata Hari, sekarang kasusnya dalam penanganan Tipikor, dan seharusnya ini menjadi contoh supaya kejadian ini tidak terulang lagi.

Pantauan media, dari 12 desa di Kecamatan Sinjai Timur, hanya Desa Sanjai, Biroro, Lasiai, Saukang, Bongki Lengkese, Tongke-tongke, Kaloling dan Panaikang yang hadir, Sedangkan desa Salohe, Kampala, Passimarannu, Patallassang tidak hadir.

Sementara Kades Kampala, Andi Ichsan saat dikonfirmasi terkait ketidak hadirannya, Dia mengaku sedang sibuk.

“Masih banyak pekerjaan ini di desa jadi saya tidak sempat hadir. Apalagi besok mau lebaran,” Ucapnya.

zhenal