Bakso Ikan Tenggiri, Olahan Sehat Sinjai

Produk Bakso Ikan Tenggiri Dipamerkan di Pekan Inovasi Daerah Sinjai

SINJAI, Suara Jelata— Baharuddin, warga Kelurahan Lappa, Sinjai Utara pemilik produk Bale Ball, bakso berbahan baku ikan Tenggiri yang bisa dikonsumsi secara luas oleh masyarakat, khususnya untuk anak-anak.

Di Jepang, kata Baharuddin, ikan Tenggiri menjadi makanan favorit untuk anak-anak karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak mereka.

“Apalagi saya dengar ikan Tenggiri dari perairan Sinjai disebut memiliki kualitas daging yang cukup baik, kedalaman laut di rata-rata 100 Meter nampaknya membuat Ikan Tenggiri disini hidup di pertengahan laut sehingga tak dipengaruhi makanannya sehingga dagingnya tidak amis, berbeda jika ikan Tenggiri menkonsumsi planton-planton di dasar laut dan kotoran-kotoran di permukaan laut,” Beber Baharuddin.

Dia mengaku, mematok harga Bakso ikan Tenggiri dikisaran harga 15 ribu perbungkus dan memproduksi sekira 20 kilogram perhari.

“Misi saya bagaimana masyarakat Sinjai dapat mengkomsumsi ikan tenggiri, menjadikan masyarakat cerdas dan sehat, selama ini kan selalu diekspor saja ke negara luar, kita jarang komsumsi ikan ini,” Katanya.

Menurutnya, dengan mengolah menjadi bakso, maka dapat dikomsumsi masyarakat Sulsel dan terkhusus masyarakat kabupaten Sinjai.

Produk Bakso Ikan Tenggiri juga menjadi salah satu produk yang dipamerkan di Pekan Inovasi Daerah Balitbanda Sinjai yang berlangsung di Gedung Pertemuan Sinjai.

“Jika anda berkunjung ke Pekan Inovasi daerah Balitbanda Sinjai, maka perlu mencicipi makanan yang satu ini,” Ajaknya.

Pekan Inovasi ini akan berlangsung dari tanggal 27 sampai 31 Agustus 2018 ini diikuti oleh OPD lingkup pemerintah Kabupaten Sinjai, Sekolah tingkat SMA sederajat, dan lembaga-lembaga pemberdayaan masyarakat yang ada di Kabupaten Sinjai.

Mutaafif/zhenal