Tari Madduppa Awali Ritual Mappaleppe Nia di Bulukumba

Tarian adat Paduppa

BULUKUMBA, Suara Jelata— Tarian adat Padduppa yang dipersembahkan oleh kelompok penari dari Sanggar Seni Budaya Saorajae mengawali ritual “Mappaleppe Nia”. Jumat, (14/09/2018).

Bertempat di kompleks Makam Samindara di De Salemba Jembatan Lembang, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Kegiatan dilaksanakan sebelum dilepasnya peserta lomba katinting dan perahu hias sebagai rangkaian tak terpisahkan dari prosesi Festival Phinisi kesembilan tahun 2018, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi-Selatan.

Rangkaian acara ritual “Mappaleppe Nia” dipimpin juru kunci makam Samindara, Narimuddin didampingi Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba, Muh. Ali Saleng, bersama Sekretaris Dinas Pariwisata, Andi Mattampa Wali, Camat Ujung Loe, Hj. Andi Yusniar, yang turut dimeriahkan oleh kehadiran ratusan pengunjung dari unsur masyarakat umum, wisman, awak Media.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh. Ali Saleng menjelaskan, ritual “Mappaleppe Nia”, merupakan rangkaian adat festival Samindara.

“Dan lomba perahu katinting dan perahu hias yang diselenggarakan sebagai rangkaian permintaan izin kepada arwah Samindara, sebelum dilaksanakannya kegiatan pelepasan peserta lomba katinting dan perahu Hias,” Katanya.

Ritual tersebut dilaksanakan untuk menghindari terjadinya insiden yang tidak diharapkan selama berlangsungnya kegiatan perlombaan lomba katinting di bibir sungai Lembang, Kecamatan Ujung Loe sebagai salah satu bentuk kemeriahan festival perahu phinisi.

Peserta lomba katinting dan perahu hias yang melibatkan puluhan warga dan masyarakat nelayan pesisir Dusun Lembang dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba, Muh. Ali Saleng yang turut disaksikan oleh Kepala Desa Salemba, Andi Agus bersama segenap elemen tokoh masyarakat, tokoh adat, dan pemuka agama di wilayah Kecamatan Ujung Loe.

Rangkaian kegiatan festival Phinisi 2018 juga turut dimeriahkan oleh pelaksanaan lomba lari Ma’longga’, Lomba Dayung Tradisional, dan Lomba Panjat Pinang dengan melibatkan peserta dari kalangan masyarakat umum.

Fadly/Aisyah