Dinas Kesehatan Sinjai Laksanakan Monev PTM GIF dan Keswa

Monev PTM GIF dan Keswa

SINJAI, Suara Jelata— Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai melalui Seksi P2 Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (PTM dan Keswa) melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) PTM Gangguan Indera Fungsi dan Kesehatan Jiwa (GIF dan Keswa). Kamis, (11/11/2018).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Pertemuan Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

PTM di negara berkembang telah mengalami peningkatan, kejadian PTM berkembang dengan cepat sehingga berdampak pada peningkatan angka kesakitan dan kematian.

Word Healt Organization (WHO) Tahun 2010 melaporkan 60% penyebab kematian semua umur di dunia adalah penyakit tidak menular.

Berdasarkan hasil Survei kebutuhan dengan menggunakan metode Rapid Assessment Of Avoiidable Bliness (RAAB) yang dilakukan di 3 Provinsi (NTB, Jabar dan Sulawesi Selatan) tahun 2013-2014 didapatakan prevalensi kabutaan pada masyarakat usia >50 tahun rata-rata di 3 Provinsi adalah 3,2 % dengan penyebab utama adalah katarak (71%).

Data penderita baru katarak Kabupaten Sinjai Tahun 2017 Sebanyak 116 kasus dan yang di rujuk sebanyak 48 penderita.

Sedangkan pada tahun 2018, data penderita katarak sebanyak 189 penderita dan yang rujuk sebanyak 87 penderita.

Berdasarkan kondisi tersebut, maka di perlukan strategi pengendalian PTM khususnya Indera Fungsi dan Kesehatan Jiwa yang melibatkan masyarakat. Target volume yang akan dicapai dalam kegiatan monitoring dan evaluasi PTM ini sabanyak satu kali pelakaanaan.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan, Akhriani mengatakan tujuan khusus untuk meningkatkan pemahaman petugas kesehatan tentang GIF dan Keswa.

“Terselenggaranya pelayanan GIF dan Keswa di FKTP, terpantaunya pelayanan GIF dan Keswa di Puskesmas, benar dan tepatnya pelaporan bulanan oleh petugas GIF dan Keswa,” Katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi P2 PTM dan Keswa Dinas kesehatan Sitti Fatimah, pengelola GIF 16 Puskemas dan pengelolan Keswa 16 Puskesmas.

Aisyah