Pasar Desa Gantarang Sinjai Tengah Dibangun, Andi Seto Bilang Begini

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pasar Desa Gantarang

SINJAI, Suara Jelata– Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa meletakkan batu pertama pembangunan pasar Desa Gantarang, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Kamis, (11/10/2018).

Pembangunan pasar Desa Gantarang ini melalui kegiatan padat karya infrastruktur bekerjasama antara Direktorat pengembangan dan perluasan kesempatan Kementerian Ketenagakerjaan RI dengan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai tahun anggaran 2018.

Kepala Desa Gantarang, Insan menyampaikan bahwa pasar Desa yang akan dibangun ini merupakan pasar Desa yang pemanfaatannya bukan hanya untuk masyarakat Desa Gantarang, tetapi masyarakat diluar Gantarang.

“Kondisi pasar Desa Gantarang yang sudah rusak bertahun-tahun, dan alhamdulilah diawal Pemerintahan bapak Bupati Sinjai, melalui Dinas Koperasi UKM berkenan membangun pasar di desa kami. Terima kasih kami ucapkan atas kehadirannya pada peletakkan batu pertama pembagunan pasar ini,” Katanya.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Ramlan Hamid mengatakan, terkait pelaksanaan pembangunan pasar desa ini merupakan program padat karya.

“Di Sulsel ada 8 kegiatan termasuk di Sinjai dan salah satu desa yang mengusulkan pembangunan pasar adalah Desa Gantarang dan setelah dilakukan verifikasi dari tim tekhnis kementerian ketenagakerjaan, Desa ini layak memang untuk difasilitasi untuk pembangunan pasar desa,” Ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa menyebut padat karya merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk memberikan pekerjaan sementara kepada para masyarakat pada saat tertentu dengan membangun dan memperbaiki infrastruktur pedesaan.

“Peningkatan kualitas dan kuantitas dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) Sinjai,” Beber Andi Seto.

Dia mengatakan program ini merupakan penjabaran visi misi Bupati Sinjai periode 2018-2023 yaitu terwujudnya masyarakat yang mandiri, berkeadilan, relegius melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Menurutnya, sarana dan prasarana publik yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat seperti pembangunan pasar, jalan, jembatan dan pembangunan infrastruktur lainya.

Dia menuturkan bahwa hal itu harus dibangun dengan layak dan memadai agar aktivitas didaerah dapat berjalan dengan baik

“Apabila perekonomian berputar dengan baik, pusat-pusat perekonomian lancar maka insya allah akan tercipta langan kerja baru yang akan menyerap tenaga kerja yang pada gilirannya akan berivigasi pada percepatan penanggulangan pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” Tuturnya.

Pasar ini, kata Andi Seto, merupakan transaksi masyarakat sehingga dibutuhkan tempat yang layak untuk berinteraksi dalam perputaran ekonomi

“Kita harapkan pembangunan pasar desa gantarang selesai dibangun secepatnya agar aktivitas masyarakat dalam perekonomian dapat semakin lancar, hasil bumi dan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat dapat terdistribusi dengan baik,” Pungkasnya.

Pada peletakkan batu pertama pembangunan pasar, orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini didampingi Ketua DPRD Sinjai Abd Haris Umar, Forkopimda, pejabat Pemkab Sinjai.

Setelah peletakan batu pertama pembangunan pasar, Andi Seto juga menghadiri pencanangan kampung KB di Desa Gantarang, Sinjai Tengah.

zhenal