Keluarga Dipulangkan, Warga Keluhkan Pelayanan Puskesmas Mannanti

Ramlah

SINJAI, Suara Jelata— Pelayanan Puskesmas Mannanti, kecamatan Tellulimpoe, kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, dikeluhkan warga. Jumat, (12/10/2018).

Pasien tersebut atas nama Ramlah, warga Dusun Tombolo, Desa Sukamaju yang mengalami sakit perut sejak tanggal 6 Oktober 2018 lalu.

Salah satu keluarganya, Rajab, yang mengantar Ramlah untuk berobat di Puskesmas Mannanti karena mengalami sakit dan merasa diperlakukan tidak semestinya.

“Kami dari keluarga sebenarnya membutuhkan kesembuhan tapi yang terjadi malah tambah parah,” Ungkap Rajab, Jumat (12/10) malam.

Ia melanjutkan, setelah sampai di Puskesmas, Ramlah kemudian dirawat selama 6 hari. Setelah hari ke 6, akhirnya dokter memyarankan pasien kembali untuk rawat jalan, lalu pihak keluarga kembali membawa Ramlah pulang ke rumah.

“Besoknya, kami pergi meminta rujukan untuk kesembuhan saudara kami tapi lagi-lagi dokternya tidak berada di tempat yang kami temui, hanya perawatnya. Namun perawatnya tidak memberikan kami rujukan untuk saudara kami, makanya sekeluarga mengambil keputusan tetap membawa pasien ke RSUD Sinjai,” Kata Rajab.

Ia berharap, semoga pelayanan kesehatan Puskesmas Mannanti bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik.

Terpisah, pihak Puskesmas Mannanti mengatakan bahwa pesien atas nama Ramlah tidak diberikan surat rujukan karena yang bertanda tangan harus dokter.

“Ia, karena rujukan itu tidak boleh keluar kalau bukan dokter yang tanda tangani, sedangkan dokter cuman 1, apalagi selama ini dokter juga pernah cuti, dan tanggal 6 ada juga rapat dokter di Sinjai,” Kunci Rofita, selaku tata usaha di Puskesmas Mannanti.

Burhan/Aisyah