18 Pelaku Bom Ikan Ditangkap Polres Sinjai

Konfrensi Perss Polres Sinjai

SINJAI, Suara Jelata– Kapolres Sinjai melakukan konferensi pers di Loby Polres Sinjai terkait penangkapan pelaku bom ikan (handak) di Desa Pattongko Kecamatan Tellulimpoe, Sinjai, Sulawesi Selatan. Kamis, (18/10/2018).

Dia mengatakan penangkapan bermula saat Unit Resmob melakukan pengintaian terhadap 2 kapal di Desa Pattongko Kec. Tellulimpoe kab. Sinjai.

Berselang beberapa saat, mereka melakukan penggeledahan dan menangkap para pelaku serta barang barang bukti berupa alat peledak sesaat sebelum berangkat melakukan aksinya.

Kapolres Sinjai, AKBP. Ardiansyah mengatakan bahwa mereka (pelaku-red) merakit bomnya di Sinjai kemudian digunakan di perairan Maluku.

“Satu orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka memang menjadi target karena namanya sudah lama kami kantongi,” Katanya.

Bahan yang digunakan untuk meracik peledak yakni Detonator diperoleh dari pulau Masudu Sulawesi Tenggara, sementara untuk sumbu dibuat sendiri secara manual.

“Pelaku akan ditindak dengan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 pasal 1 ayat 1 dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara, kemudian kami juga akan menyelidiki donatur atau mungkin bos yang mendanai aksi para pelaku,” Bebernya.

Sementara itu, pelaku yang telah ditetapkan sebagai tersangka, Anto (31) warga Bombana, Sulawesi Tenggara, mengaku efek dari ledakan yang diakibatkan dari ledakan bom ikan tersebut bisa mencapai radius 20 Meter.

Dia juga menyampaikan bahwa dalam satu kali melancarkan aksinya bisa menghasilkan tangkapan senilai 70 juta rupiah.

Polres Sinjai juga mengamankan 17 orang lainnya yakni SK (53), WY (24), AR (21), JN (23), SF (32), RS (23), TK (25), SR (28), RM (25), US (51), OD (31), MY (32), UM (32), RK (25), SK (28), CD (28), HR (24).

Adapun barang bukti yang diamankan yakni 25 batang detonator ukuran besar, 255 detonator ukuran kecil, 200 sumbu ledak, 146 penutup botol/sendal, 7 dos korek kayu, 3 jiregen ukuran 35 liter pupuk matahari yang sudah diolah, 2 gulung selang warna hijau, 23 buah botol kaca, dan 16 buah botol plastik.

zhenal