Begini Solusi Pemuda Pelopor Sinjai Tengah Terhadap Pengungsi Tsunami Palu

Aksi Pemuda Peduli Kemanusiaan Pemuda Pelopor Sinjai Tengah

SINJAI, Suara Jelata–  Pemuda Pelopor Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan melakukan aksi pemuda peduli kemanusiaan di aula Kantor Camat Sinjai Tengah. Kamis, (18/10/2018).

Kegiatan ini menghadirkan Kepala Desa se-Sinjai Tengah, Kadus se-Sinjai tengah, perwakilan pengungsi palu yang ada di Sinjai Tengah.

Hadir sebagai narasumber yakni perwakilan dari Dinas Sosial Sinjai, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan, BPBD Sinjai.

Pemuda Pelopor Sinjai Tengah yang juga merupakan Ketua Karang Taruna Sinjai Tengah, Abdul Waris mengatakan kegiatan ini untuk melakukan pengawasan dan pendampingan pengungsi korban tsunami Palu yang mengungsi di Sinjai Tengah.

“Banyak gerakan peduli Palu tapi kurang yang benar-benar memperhatikan pengungsi untuk kedepannya, sebagian besar hanya memberi bantuan yang bersifar sementara,” Katanya.

Rencananya agenda ini akan berlangsung selama 2 hari yakni hari Kamis-Jumat (18-19 Oktober 2018).

Dari hasil pertemuan tersebut, BPBD dan Dinas Sosial Sinjai akan membuat posko permanen di setiap Desa di Sinjai Tengah.

“Untuk Dinas pendidikan, akan membuatkan rekomendasi bagi mahasiswa dan pelajar untuk belajar sementara di sekolah atau universitas yang ada sesuai dengan jurusan mereka,” Ucapnya.

Sementara itu Disduk Capil akan melakukan pendataan bagi pengungsi dengan syarat memiliki NIK.

“Dan yang hilang berkasnya bisa datang langsung ke Kantor Disduk Capil untuk pengurusan berkas,” Beber Abdul Waris.

Agenda ini dilanjutkan dengan penyerahan simbolis bantuan berupa uang kepada pengurus DPD HIPPMAS Palu.

zhenal