Tonton Video Pemusnahan Alat Bukti Kejahatan Di Kejaksaan Sinjai

SINJAI, Suara Jelata—Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai memusnahkan barang bukti perkara Tindak Pidana Umum (Tipidum) yang telah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah) di halaman belakang kantor Kejari Sinjai, Kamis, (25/10/2018).

Barang bukti yang dimusnakan dengan cara dibakar ini, berupa Narkotika jenis shabu sebanyak 30 saset kecil, senjata tajam (Badik dan parang), alat penghisap shabu (Bong), Obat daftar G (dekstro), alat penangkapan ikan (bom Ikan), pakaian, kayu dan balok.

“Jadi yang dimusnahkan hari ini adalah Barang bukti yang berhasil disita dan diamankan sejak bulan Januari – Agustus 2018,” pungkas, Nining Purnamawati Kepala Seksi Barang Bukti dan Rampasan Kejari Sinjai.

Ini Videonya:

Sementara itu, Kepala Kejari Sinjai Noer Adi mengatakan, pemusnahan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Kejari Sinjai yang bertujuan untuk mengurangi penumpukan barang bukti.

Dikatakan ini juga merupakan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan pasal 274 UU tindak pidana dan pasal 30 ayat 1 huruf D UU No. 16 Tahun 2004 tentang kejaksaan bahwa Kejaksaan Agung dalam hal ini Kejari Sinjai berwenang untuk melaksanakan putusan pengadilan yang telah melalui proses dan mekanisme yang diatur dalam UU tersebut.

“Dalam waktu 7 hari setelah putusan pengadilan, maka Jaksa berkewajiban melakukan eksekusi barang bukti yang merupakan hasil sitaan dan rampasan,” ungkapnya.

Pemusnahan barang bukti ini turut dihadiri Kapolres Sinjai yang diwakili oleh Kasat Reskrim Polres Sinjai, Akp Noorman Harianto, Kepala Rutan Kelas II B Sinjai, Ince Muh. Risal, Perwakilan Pengadilan Negeri dan Agama Sinjai, Balai Pengawasan Obat dan Makanan Sinjai, serta segenap pejabat lingkup Kejari Sinjai.

IZHAR