Mappogau Hanua, Wabup Sinjai Minta Warga Pintar Pintar Cari Uang

Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong.(Iz)

SINJAI, Suara Jelata—Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong meminta warga yang ada di Desa untuk membuat kreasi jika ada kegiatan budaya dan adat yang dilaksanakan. Rabu, (31/10/2018).

Kreasi yang dimaksud adalah dalam hal peningkatan pendapatan ekonomi warga, sehingga kesannya tidak hanya dalam bentuk seremonial belaka.

Hal ini dikatakannya saat menghadiri kegiatan pesta adat mappogau hanua yang dilaksanakan di Dusun Baru, Desa Kanrung, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai.

” Ciptakan inovasi dan kreativitas yang mampu menaikkan dan menciptakan pendapatan agar bisa mengangkat ekonomi warga yang ada di Desa ini, apalagi kegiatan ini sudah diakui oleh pemerintah pusat”Katanya.

Pesta Adat Mappogau Hanua sendiri merupakan pesta adat yang telah berlangsung turun temurun dan dilaksanakan secara bergilir antara Desa Kanrung, Desa Saohiring dan Kelurahan Samaenre Sinjai Tengah.

Pesta ini merupakan syukuran 3 tahunan atas keberhasilan panen di desa yang kemudian dituangkan dengan jamuan makan bersama dengan warga sekitarnya.

Di Sinjai terdapat 3 event pesta adat yang sering kali dilakukan yakni Marimpa salo di Sinjai Timur, Mappogau Sihanua di Karampuang, Kecamatan Bulupoddo dan Mappogau hanua di Sinjai Tengah.

Sayangnya menurut salah satu Warga dalam acara ini terkesan hanya seremonial belaka saja, tanpa ada kreativitas yang bisa dijadikan pendapatan ekonomi warga Desa.

Misalnya penjualan kerajinan tangan khas Desa tersebut, makanan tradisional dan inovasi lainnya yang dapat bernilai uang.

D-ZHAR