Aliansi Mahasiswa Peduli Keadilan Turun Aksi Terkait Penangkapan Mahasiswa UINAM

Aksi demonstrasi Aliansi Mahasiswa Peduli Keadilan

MAKASSAR, Suara Jelata— Isu yang memanas mengenai aksi penangkapan kepada beberapa mahasiswa yang diduga ikut bentrok antar Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Fakultas Syariah dan Hukum pada Senin, (22/10/2018) lalu, kini mendapat respon dari Aliansi Mahasiswa Peduli Keadilan.

Mereka meluapkan kekecewaan dengan melakukan aksi demonstrasi di Jl. Sultan Alauddin, depan kampus I UIN Alauddin Makassar (UINAM).

Aksi berpusat di Jl. Sultan Alauddin, depan kampus I UIN Alauddin Makassar. Selasa, (06/11/2018).

Adapun tuntutannya yakni meminta kepada Menteri Agama untuk mengevaluasi kinerja rektor UIN Alauddin Makassar yang tidak berhasil menciptakan iklim kondusif dilingkup UIN Alauddin Makassar.

Penangkapan mahasiswa tersebut adalah tindakan yang tidak profesional, sebab menghakimi mahasiswa sepihak yang tidak berkeadilan.

Aksi demonstrasi Aliansi Mahasiswa Peduli Keadilan juga menuntut kepada Kapolda Sulsel untuk mencopot Kapolres dan Kasat reskrim, meminta Kementrian Agama untuk mengevaluasi kinerja dan kebijakan Rektor dan Wakil Rektor 3.

Juga meminta kepada kepolisian untuk menegakkan hukum seadil-adilnya dan tidak tebang pilih, mendukung penuh kepolisian untuk menuntaskan masalah yang terjadi di UIN Alauddin Makassar.

Awaluddin, selaku Jendral Lapangan mengatakan jika masalah ini harus diusut tuntas, karena melihat proses yang berjalan sekarang ini diduga terlihat jelas ada ketimpangan dan penyimpangan dalam pengusutannya.

“Dan jika kita melihat teman-teman yang ditangkap ini bukanlah provokator dalam bentrok kemarin, dia hanya merupakan korban. Stop ketidakadilan, hentikan drama ini, stop ketidakwajaran dalam dunia pendidikan,” Tegasnya.

Ia juga mengatakan, kasus penangkapan beberapa mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar masih terjadi hingga hari ini. Selasa, (06/11).

Dalam hal ini, kata Awaluddin, jika Kepolisian tidak serius menangani kasus ini yakin saja kami dari Aliansi Mahasiswa Peduli Keadilan akan kembali turun ke jalan dengan massa yang lebih banyak lagi.

Tim SJ