10 November Merawat Cita-cita Para Pahlawan

Muzakkir

OPINI, Suara Jelata— Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawannya.

Kalimat diatas senantiasa mengingatkan kita bahwa dibalik perjuangan para pahlawan ada cita-cita mulia. Pahlawan adalah patriot bangsa, demi mencapai tujuan dan cita-cita kejayaan Bangsa dan negaranya mereka rela berkorban sepenuh hati tanpa pamrih.

Jiwa dan raganya dipersembahkan kepada masyarakat, negara, bangsa dan ummat.

Kita sebagai anak bangsa, merawat dan menjaga cita-cita para pahlawan adalah sebuah keharusan.

Kalau kita benar-benar meneruskan tujuan dari perjuangan pahlawan Indonesia yakni membangun kesejahteraan rakyat yang dilandasi rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Tentu para pahlawan kita akan terseyum melihatnya dan jika yang terjadi adalah sebaliknya para pahlawan itu akan menyesali kemerdekaan yang telah diraihnya sebab sangat jauh melenceng dari dicita-citanya.

Apabila kita kembali menengok keadaan bangsa Indonesia hari ini, keadaannya boleh dikata cukup memprihatinkan, hal ini dikarenakan kemerdekaan bangsa Indonesia tidak semua rakyat menikmatinya, ada banyak orang dinegeri ini yang masih hidup dibawah garis kemiskinan serta lepas dari perhatian pemerintah.

Elit bangsa kita hanya sibuk dengan dirinya sendiri, para elit bangsa ini bukanlah patriot bagi rakyatnya, justru mereka menjadi kleptokrasi (koruptor) bagi rakyatnya sendiri.

Setiap 10 November kita selalu merayakan Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Tanggal 10 November 1945 adalah peristiwa penting dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia dan sebagai simbol nasional atas perlawanan bangsa Indonesia terhadap kolonialisme.

Setiap tahun kita memperingati hari pahlawan, sementara peringatan yang kita lakukan terkesan hanya seremonial belaka, setelah selesai kita rayakan cenderang tidak ada tindakan nyata dalam menyelesaikan persoalan-persolan yang ada dibangsa ini.

Seharusnya, kita mesti memberi makna baru dari arti kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sebagaimana cita-cita mulia para pahlawan.

Oleh karena itu, marilah kita memaknai ulang “Hari Pahlawan” ini. Kita harus memberi arti yang benar bahwa Bangsa Indonesia sekarang ini sangat membutuhkan anak-anak muda dan orang-orang visioner yang berjiwa pahlawan serta patriot bangsa yang Berani bersuara dan bertindak untuk menegakkan keadilan dan kebenaran, jujur, pemberani, dan rela melakukan apapun demi kebaikan dan kesejahteraan orang banyak.

Siap melakukan apapun demi terwujudnya kesejateraan sosial seluruh rakyat Indonesia agar semua kalangan baik itu petani, nelayan, kaum buruh dan lain-lainnya di bagsa ini ikut mencicipi kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah direbut pahlawan kita dari tangan para penjajah.

Selamat memperingati Hari Pahlawan 10 November.

Penulis : Muzakkir, Calon anggota DPR RI Dapil 2 Sulawesi Selatan, Partai Gerindra nomor urut 9