Menempa Loyalitas Muda, HMKB Makassar Laksanakan LK 1 Squad 18

Irwan Wijaya

MAKASSAR, Suara Jelata— Himpunan Mahasiswa Kabupaten Buol (HMKB) Makassar melaksanakan kegiatan Latihan Kader (LK) 1 Squad 18. Sabtu, (10/11/2018).

Dengan tema “Menempa loyalitas muda agar menjadi dinamis dan berintegritas demi progres HMKB-MKS” kegiatan dilangsungkan di Tanjung Merdeka, Makassar.

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 9 sampai 11 November 2018 yang terdiri dari beberapa materi, salah satunya materi retorika yang dibawakan oleh pemuda asala Sinjai, Irwan Wijaya.

Pemahaman tentang retorika sangatlah wajar dan penting bagi mahasiswa, karena pintar mempertahankan pendapat salah satunya melalu retorika.

“Retorika adalah politik berbicara untuk memberikan pemahaman kepada orang (lawan bicara) dengan pemilihan kata dan gaya bahasa yang baik agar mudah dimengerti dan diterima secara rasional,” Kata Irwan Wijaya dalam materinya.

Irwan menambahkan, bahwa mahasiswa yang menguasai teori retorika itu akan sangat percaya diri dan mampu berbicara dihadapan umum tanpa rasa gugup.

“Gaya bicara dan tutur kata seseorang yang membedakan bahwa apakah orang tersebut adalah orang yang kurang ajar atau orang yang terpelajar,” Kuncinya.

Diketahui, LK 1 ini diikuti sebanyak 31 peserta.

Aisyah SJ