460 Unit Biogas Telah Dibangun Pemda Sinjai

SINJAI, Suara Jelata— Perdagangan Perindustrian, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Sinjai menggelar Sosialisasi dan verifikasi calon penerima dan penerima biogas, bertempat di Aula Rumah Makan Nikmat Sinjai, Rabu (22/11/2017).

Ketua Panitia, Idham Waris dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan edukasi dan pemahaman terkait tata cara pemanfaatan reaktor biogas agar penggunaannya bermanfaat bagi masyarakat.

Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya yang membuka kegiatan ini mengatakan bahwa kegiatan ini bernilai strategis karena Kabupaten Sinjai merupakan salah satu daerah penghasil ternak sapi yang cukup potensial, namun pemanfaatan kotoran ternak menjadi energi baru belum maksimal karena pengetahuan masyarakat masih rendah.

Baca Juga:  Saling Ejek di FB, Video Dua Siswi di Sinjai Saling Jambak Depan Sekolah

“Oleh karenanya sosialisasi ini penting untuk mengubah pola pengelolaan limbah ternak yang lebih baik sehingga masyarakat memiliki keterampilan dalam pembangunan biogas,” jelasnya.

Sejak tahun 2013 hingga tahun 2017 ini Dinas Perdagangan Perindustrian, Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Sinjai telah membangun 460 unit biogas yang tersebar di beberapa desa/kelurahan yang dibangun dengan menggunakan anggaran APBD Kabupaten, APBD Propinsi dan APBN.

Baca Juga:  Di Depan IAIM Sinjai, Mahasiswa Mendesak Statuta Kampus Diperlihatkan

Bupati juga berharap kepada para peserta calon penerima dan penerima biogas agar mengikuti sosialisasi ini dengan baik sehingga dapat bermanfaat dan diaplikasikan kepada masyarakat pemilik ternak. 

SANG/REDAKSI