Bupati Sinjai Serahkan Sertifikat Prona Gratis Ke Warga Desa Lasiai

  • Whatsapp

SINJAI, suara Jelata—Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah gratis kepada 6 Warga Desa Lasiai bertempat di Kantor Desa Lasia Kecamatan Sinjai Timur, Rabu (7/2/18).

Sertifikat tanah gratis ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui Badan Pertanahan Negara (BPN) yang dinamakan program nasional (prona) dan kini berganti nama menjadi Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Baca Juga

Bupati Sinjai H. Sabirin Yahya dalam sambutannya menyampaikan bahwa prona ini merupakan upaya pemerintah dalam melegalkan dan mengakui kepemilikan tanah masyarakat dan sebagai alas bukti kepemilikan yang diakui keabsahannya sehingga dapat memperkecil terjadinya konflik kepemilikan tanah.

“Saya pahami betul sebagai birokrat yang pernah menduduki jabatan sebagai Lurah dan Camat, salah satu permasalahan yang dihadapi oleh Kepala Desa adalah menyelesaikan konflik kepemilikan tanah, tentu dengan terbitnya sertifikat akan memperkecil dan mengurangi terjadinya konflik,” ungkapnya.

Bupati juga menambahkan, dengan terbitnya sertifikat tanah, juga dapat menjadi agunan untuk mendapatkan modal dalam mengembangkan usaha yang dimiliki oleh masyarakat.

Sementara itu Kepala Desa Lasiai, Ambo mengatakan bahwa sedikitnya ada 200 bidang dalam wilayah desa Lasia yang memperoleh sertifikat tanah gratis dari pemerintah.

“Kami mengapresiasi program ini karena sebagai bentuk legalitas terhadap tanah yang dimiliki masyarakat, sehingga sertifikat ini merupakan bentuk pembuktian legitimasi hukum yang sempurna dimata pengadilan,” jelasnya.

Ia berharap program kemitraan antara Pemerintah Daerah dan BPN ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

BURHAN

Loading...
loading...
  • Whatsapp

Berita Lainnya