Jelang Mudik Lebaran Sat Polairud Sinjai Periksa Kesiapan Kapal Transportasi, Alat Keselamatan Kurang

Personil Sat Polairud Sinjai Periksa Kesiapan Kapal Transportasi di Cappa Ujung Sinjai

SINJAI, Suara Jelata— Personil Sat Polairud Res Sinjai bersama sama dengan Otoritas Pelaksana Pelabuhan (OPP) Larearea Kabupaten Sinjai melakukan pemeriksaan kesiapan kapal transportasi tradisional.

Hal itu dilakukan untuk kapal transportasi yang melayani route Pulau IX dan Pelabuhan Cappa Ujung Kab. Sinjai. Pemerikasaan berlangsung di Dermaga Pelabuhan Cappa Ujung Sinjai. Senin, (4/6/2018).

Menurut Kasat Pol. Air Polres Sinjai AKP. Armin Sukma, pemeriksaan ini meliputi Dokumen resmi kapal, alat keselamatan penumpang di atas kapal, alat kenavigasian pelayaran, stabilitas kapal, pemuatan baik penumpang maupun barang.

Baca Juga:  Kuliner Jalan Tondong Sinjai Ramai, Kendaraan Parkir di Tengah Jalan

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjelang diberlakukannya Operasi Ketupat Lipu 2018, dengan tujuan meminimalisir kecelakaan laut pada saat arus mudik dan arus balik nanti,” Katanya.

Dari hasil pemeriksaan, kata Armin, alat keselamatan yang masih kurang, baik jumlah dan standarisasi SNI, kapal tidak memiliki alat navigasi, pemuatan yang masih bercampur antara penumpang manusia dengan barang muatan, serta stabilitas kapal masih diragukan karena kapal dibuat secara tradisional.

Baca Juga:  Bupati Sinjai Tinjau Langsung Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 di Kecamatan

“Kepada pemilik kapal dan nahkoda kapal dianjurkan untuk segera melengkapi semua kekurangan tersebut,” Kuncinya.

zhenal