Seminar Penyuluhan Hukum Warnai Pelantikan Pengurus HIPPMAS Sinjai Timur

Seminar Penyuluhan Hukum HIPPMAS Sinjai Timur

SINJAI, Suara Jelata— Dewan Pengurus Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa (HIPPMAS) menggelar Pelantikan Pengurus HIPPMAS Cabang Sinjai Timur dirangkaikan dengan Seminar Penyuluhan Hukum di Aula Kantor Camat Sinjai Timur. Selasa (21/8/2018).

Acara yang mengusung tema “Penyuluhan Hukum Pengelolaan Pengawasan dan Pertanggung jawaban Dana Desa untuk Mewujudkan Penggunaan Efisien Efektif dan Transparan” menghadirkan Pemateri Hukum yakni Kasi Pidsus Kajari Sinjai, Hari Surachman, Tipikor Polres, Aipda Sapri Basri, Kepala Ispektorat, Andi Yusran Maddolangeng, dan Perwakilan Dinas PMD Sinjai.

Hadir pula Ketua DPP HIPPMAS Iskandar, Camat Sinjai Timur, Tamsil Binawan, Staf Kecamatan, Kades dan Aparatur Desa Se-Kecamatan Sinjai Timur.

Ketua DPP HIPPMAS, Iskandar berharap pengurus HIPPMAS Sinjai Timur bisa bekerja sama dengan Aparatur Kecamatan hingga Kepala Desa dalam menunjang pembangunan di desa.

“Kami mengharapkan Kepala Desa bisa melibatkan teman-teman HIPPMAS dalam mengawal dan mengabdikan diri untuk masyarakat desa. Dengan penyuluhan hukum ini kami menginginkan agar tidak ada Kepala Desa di Sinjai Timur yang tersangkut masalah hukum dalam pengelolaan Keuangan Desa,” Katanya.

Sementara Kasi Pidsus Kajari Sinjai, Hari Surachman mengatakan dalam mengawal pengelolaan ADD dan Dana Desa kami lakukan melalui program TP4D.

“Program TP4D lebih mengedepankan kepada pembinaan kepada Desa dalam mengawal pengelolaan keuangan desa. Namun dengan terlibatnya Aparat Pemerintah dan Desa dalam TP4D tidak memberikan ruang bagi mereka untuk melakukan pelanggaran. Jadi jika ada desa yang tidak bisa dibina, ya kami tindak sesuai aturan yang berlaku,” Ujarnya.

Hari menjelaskan bahwa dalam pengeloaan keuangan desa, ada beberapa kemungkinan dugaan pelanggaran yang biasa dilakukan oknum Kepala Desa.

“Beberapa diantaranya tidak sesuai volume pekerjaan, Mark up, fiktif, serta penyalahgunaan anggaran yang tidak sesuai peruntukannya. Ada 3 upaya yang kami lakukan dalam TP4D jika terindikasi temuan yakni perbaikan pekerjaan, pengembalian dan jika tetap tidak dilakukan kami lakukan penindakan hukum,” Kuncinya.

zhenal