Wah, Ternyata Desa Saotanre Memiliki Tempat Wisata Bersejarah

Tengah (Kades Saotanre, Sulaeman)

SINJAI, Suara Jelata— Salah satu tempat bersejarah di Dusun Saukang, Desa Saotanre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, memiliki potensi untuk dijadikan tempat wisata yang menakjubkan.

Menurut, Syukri selaku Bendahara Desa Saotanre, tempat bersejarah itu bernama ‘Gunung Temmalatea’ (mate Taunna Tammate Pappasenna) yang memiliki sejarah tersendiri.

Selain itu, kata Syukri, di puncak gunung ini memiliki nilai estetika, kita bisa menikmati pemandangan dari segalah arah, baik itu Pulau Sembilan dan daerah Gowa serta sebagian daerah Bone, demikian juga Bulukumba.

Kades Saotanre saat keluar dari Gua

“Gua ini bisa dimasuki beberapa orang, biasanya kalau musim hujan, sebagai tempat berteduh ataupun mengambil gambar kalau ada pengunjung” kata Syukri.

Bukan hanya itu, di gunung ini memiliki banyak batu bersejarah, serta dipercantik oleh beberapa batu besar yang terdapat Gua, dengan luas masing-masing 1 sampai 3 meter.

“Batu yang berada di puncak gunung ini memiliki nama tersendiri, salah satunya Batu Tellue dan Batu Meriam’,” tambah Syukri.

Ia melanjutkan, untuk menuju tempat ini, dari pusat kota Sinjai kurang lebih 1 jam, kalau dari Jl. Raya Saotanre ke puncak memakan waktu kurang lebih 20 menit, karena masih menggunakan akses jalan perkebunan.

“Tentunya secara pribadi saya berharap agar potensi ini dapat dikembangkan dan menjadi tempat wisata yang diminati banyak kalangan serta masyarakat mancanegara,” kuncinya.

Mg. Alam/Burhan