Bupati Termuda Menahkodai ASPEKSINDO

Munas I ASPEKSINDO

JAKARTA, Suara Jelata— Abdul Gafur Mas’ud (AGM) akhirnya terpilih sebagai ketua umum Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) pada Musyawarah Nasional I (Munas I). Jumat, (05/10/2018) kemarin.

Munas I di gelar dari tanggal 3-4 Oktober 2018 di Hotel Borobudur Jakarta.

AGM terpilih setelah melalui beberapa tahapan.

Forum Munas I sempat alot saat wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua mengajukan beberapa persyaratan menjadi calon ketua umum yang harus menandatangani fakta integritas untuk membesarkan dan memperjuangkan kepentingan anggota.

Namun akhirnya, forum Munas I yang dihadiri 80 (delapan puluh) kepala daerah kepulauan dan pesisir seluruh indonesia sepakat memilih AGM, Bupati Panajam Paser Utara sebagai Ketua Umum Pertama.

ASPEKSINDO pertama kali dideklarasikan pada 10 Agustus 2017 dengan membentuk Tim 9 (Sembilan) yang akhirnya mampu mengantar sampai forum Munas I.

Tim 9 (sembilan) yang diisi oleh sembilan kepala daerah dimandat pada saat rapat formatur di Makassar adalah bekerja dan menyiapkan ASPEKSINDO sampai pada forum Munas I.

Adapun anggota Tim 9 hasil Kongres Maritim di Makassar terdiri dari Bupati Selayar, Bupati Nias, Bupati Natuna, Bupati Gorontalo, Bupati Bolaang Mangondow Selatan, Bupati Pangkep, Bupati Lombok Utara, Walikota Tarakan, Gubernur Sulbar.

Zhenal/Aisyah