Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar di Tabbinjai Ajarkan PHBS Pada Anak-anak

Mahasiswa dan anak-anak Taman Baca Nurul Jihad

GOWA, Suara Jelata— Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar Posko Tabbinjai berkunjung ke Taman Baca Nurul Jihad di Parang Bebbu, Dusun Suka, Desa Tabbinjai, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Selasa (20/11/2018).

Kunjungan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar ini adalah dalam rangka mengajarkan salah satu indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada para peserta didik Taman Baca Nurul Jihad, yakni mencuci tangan dengan sabun.

Abdul Rahman, selaku koordinator Desa Posko Tabbinjai mengatakan Kegiatan mencuci tangan merupakan suatu kegiatan yang dianggap sebagian besar orang adalah pekerjaan yang sepele, sehingga terkadang kegiatan itu sering kali diabaikan.

“Perlu diketahui, bahwa mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu tindakan sanitasi yang dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel pada tangan, jari, serta kuku-kuku jari,” Katanya.

Lebih lanjut, tangan adalah salah satu agen utama masuknya mikroba penyebab penyakit ke mulut, hidung, dan anggota tubuh lainnya.

“Oleh karena itu sebelum makan, alangkah baiknya jika cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu,” Ungkap Rahman.

Sementara itu, para peserta gerakan mencuci tangan dengan sabun ini mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

Salah satunya adalah Niar, siswa Kelas 6 SD Inpres Cengkong.

Niar mengatakan bahwa kegiatan seperti ini dapat menambah ilmu pengetahuan bagi dirinya, sebab dapat mengajarkan kita manfaat dari mencuci tangan dengan sabun.

Selanjutnya, kegiatan ini diapresiasi oleh pengelola Taman Baca Nurul Jihad.

“Merupakan kegiatan yang amat positif bagi peserta didik kami. Apalagi yang namanya anak-anak terkadang setelah selesai menyentuh atau melakukan sesuatu, mereka lupa untuk membersihkan tangan lalu makan,” Ucap Emil.

Menurutnya, hal ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan mereka.

“Sepengetahuan saya berbagai macam jenis penyakit dapat menyerang kita apabila tidak mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, seperti flu, gangguan usus, diare, sakit perut dan lain sebagainya,” Jelasnya.

Emil berharap, semoga apa yang dilakukan hari ini, peserta didiknya bisa mempraktekkannya di rumah masing-masing dan mengajarkan kepada kedua orangtuanya.

Aisyah SJ