Dataku di Sinjai selatan Diresmikan Bupati

SINJAI, Suara Jelata—Rumah data kependudukan (Dataku) sebagai kelanjutan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Sinjai terus tumbuh dan berkembang.

Bahkan hingga saat ini, sejak digulirkannya program nasional ini sudah tercatat 15 rumah dataku yang tersebar disejumlah desa maupun keluarahan.

Terakhir yang diresmikan oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa di Dusun Baru, Desa Palangka, Kecamatan Sinjai Selatan, Rabu (28/11/2018).

“Rumah dataku yang saat ini sudah ada di kampung KB agar dapat menjadi contoh bagi desa dan kelurahan lainnya”, Harap A. Seto.

Selaku pemerintah daerah, Kata dia sangat menyambut baik keberadaan rumah dataku dan Kampung KB ini, karena kedua program ini menjadi bagian penting dalam upaya menyejahterakan masyarakat.

“Saya berharap pula agar kedua program KB ini dapat membantu dalam mewujudkan visi misi dan program Pemkab Sinjai”, Terangnya.

Menurutnya dari delapan (8) fungsi kampung KB sejalan dengan visi misi dan program pemkab Sinjai yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023.

Seperti salah satu contohnya fungsi reproduksi Kampung KB dan Rumah Dataku yang melibatkan tenaga kesehatan Dinkes Sinjai, juga akan bertugas dalam melaksanakan program kesehatan home Visit dan home care.

“Kita semua berharap fungsi program Kampung KB dan Rumah Dataku ini berjalan lancar dan membantu dalam merealisasikan visi misi pemkab seperti dapat membantu melaksanakan program kesehatan yang baru saja dilaunching,” Jelasnya.

Khusus Rumah Dataku yang ke 15 yang diresmikan Bupati Sinjai ini, juga diharapkan dapat menyajikan data 8 Fungsi Kampung KB di Desa Palangka sehingga dapat bermanfaat dalam pemenuhan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Saya berharap Rumah Dataku yang menyimpan 8 fungsi Kampung KB seperti frungsi keagamaan, social budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan, ini berguna dan bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang berada di Desa Palangka,” harapnya.

Kemudian keterlibatan masyarakat sangat diharapkan agar kegiatan prioritas pembangunan dapat terimplementasikan dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Peresmian Rumah Dataku ini dirangkaikan dengan pengukuhan forum anak Desa Palangka oleh Bupati Sinjai, A. Seto Gadhista Asapa.

HUMAS PEMDA SINJAI