Perhatian Pemda,Puluhan Alat Pertanian Dibagikan Andi Seto Ke Petani Sinjai

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, SH,LLM menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) bagi sejumlah kelompok tani di Kabupaten Sinjai yang bertempat di Halaman Kantor Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Jalan Persatuan raya, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Kamis, (29/11/2018).

SINJAI, Suara Jelata—Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sinjai, Ir.Hj.Marwatiah ini untuk mempercepat penerapan teknologi pra panen maupun pasca panen terutama yang terkait dengan percepatan dan perbaikan kualitas pengolahan tanah dan perbaikan mutu hasil.

Meningkatkan pelayanan kelompok tani kepada seluruh anggotanya sehingga terjadi kerjasama yang baik antar anggota sehingga terwujud kesamaan waktu tanam.

“Adapun bantuan alsintan yang diserahkan yaitu hand traktor 13 unit dari APBD, 12 unit dari APBN, cultifator sebanyak 11 unit dari APBDP, pompa air sebanyak 6 unit (APBDP) dan 5 unit dari APBN”,jelasnya.

Tahun ini pihaknya melalui dana APBD Perubahan 2018 mengalokasikan bantuan paket bibit lada dan pupuk pada 7 kelompok tani untuk Kecamatan Tellulimpoe sebanyak 4 kelompok dan Sinjai Selatan sebanyak 3 kelompok berupa bibit lada sebanyak 10 ribu pohon dan 10 ton pupuk NPK non subsidi.

Selain itu, pihaknya juga telah menerima Surat Tanda Daftar Beras Merah “Taddaga Maddakko” yang menjadi rekomendasi bahwa beras tersebut sudah bisa ditangkarkan yang selanjutnya menjadi benih sebar untuk dikembangkan baik dalam maupun luar wilayah Sinjai.

Bupati Sinjai Andi Seto Gadysta Asapa menyampaikan bahwa bantuan alsintan yang diserahkan ini adalah bantuan Pemda melalui dana APBD Perubahan 2018 serta bantuan Pemerintah Pusat yang bersumber dari dana APBN 2018.

Merupakan hibah Pemerintah Pusat dan Kabupaten kepada Para Kelompok Tani yang nantinya menjadi aset/milik Kelompok Tani sehingga diharapkan dapat dikelola secara bersama dalam pemanfaatannya.

“Penyerahan ini menjadi lebih penting sebagai upaya pemerintah dalam membantu dan memudahkan petani dalam melakukan pengolahan tanah dan perlakuan panen dan pasca panen yang tepat yang pada akhirnya mendukung peningkatan produksi dan produktivitas serta peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani.Pemda tidak akan berhenti berupaya untuk membantu kelompok tani dalam pengadaan peralatan termasuk prasarana peetanian lainnya yang masih dibutuhkan”,jelas Bupati.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini, bantuan akan diantarkan langsung oleh
Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan ke kelompok tani penerima bantuan.

Bantuan tersebut diterima secara simbolis oleh perwakilan penerima bantuan.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Sinjai, Ketua Pengadilan Agama, Kasdim 1424 Sinjai, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Para Koordinator Penyuluh se-Kabupaten Sinjai,Para mantri tani, dan kelompok tani penerima bantuan alsintan 2018.

IZHAR