Dua Puskesmas di Sinjai Akan Diakreditasi Tim Suveior Kementerian Kesehatan RI

Kadis Kesehatan saat menerima Tim Surveior

SINJAI, Suara Jelata— Dua Puskesmas di Kabupaten Sinjai hari ini akan dinilai oleh Tim Surveior Akreditasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kamis, (06/12/2018).

Objek akreditasi kali ini ialah Puskesmas Tengnga lembang yang berada di Kecamatan Sinjai Barat dan Puskesmas Pulau Sembilan yang berada di Kecamatan Pulau Sembilan.

Penilaian oleh Tim Surveior di Puskesmas Tengnga Lembang diketuai oleh dr. Rita Novia, sedangkan untuk di Puskesmas Pulau Sembilan diketuai oleh Magdalena Paunno, dan akan berlangsung selama selama 3 hari kedepan.

Saat menyampaikan tata tertib dan kode etik survei akreditasi, dr. Rita Novia sebagai ketua tim di Puskesmas Tenganga Lembang mengatakan, Tim Akreditasi datang tidak untuk memberikan nilai tapi datang untuk memotret seluruh kegiatan yang ada di Puskesmas.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa dalam sambutannya mengatakan jika Puskesmas Tengnga lembang dan Puskesmas Pulau Sembilan merupakan dua Puskesmas terakhir yang dinilai tahun ini.

“Sebelumnya, 14 Puskesmas sudah dinilai, diantaranya yang mendapat Predikat Utama yakni Puskesmas Lappadata, Samaenre dan Borong Kompleks,” Kata dr. Dedeth, sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, untuk Predikat Madya yakni Puskesmas Samataring, Kampala, Manimpahoi, Bulupoddo, Panaikang, Manipi, Mannanti, Lappae, dan Predikat Dasar yakni Puskesmas Biji Nangka.

“Kami berharap, teman-teman yang ada di Puskesmas Tengnga Lembang dan Pulau Sembilan jangan tegang, santai saja karena biar bagaimanapun hal ini akan kita hadapai mau atau tidak mau, karena akreditasi ini menunjukkan kualitas pelayan kesehatan yang akan kita berikan kepada masyarakat,” Kuncinya.

Survei akreditasi Puskesmas Tengangalembang ini dihadiri oleh aparat pemerintahan di Kecamatan Sinjai Barat mulai dari Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa hingga Tokoh Masyarakat.

Aisyah SJ