Begini Cara KKN UIN Alauddin Makassar Posko Tabbinjai Gowa Rayakan Maulid

Mahasiswa saat penilaian Bakul Maulid

GOWA, Suara Jelata— Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Alauddin Makassar angkatan 59 Posko Tabbinjai melaksanakan perlombaan Bakul Maulid. Jumat, (7/12/2018).

Kegiatan ini bertempat di Masjid Nurul Hidayah, Dusun Tuhoi, Desa Tabbinjai, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Perlombaan Bakul Maulid ini dibagi kedalam empat kategori, yakni kategori Majelis Taklim yang diikuti 4 kelompok, kategori umum perorangan yang diikuti 21 orang, kategori Bakul Maulid mini yang diikuti 6 orang, dan kategori RT yang diikuti 4 RT.

Adapun proses penilaian yang dilakukan panitia, yakni setiap bakul akan di nilai dari kecerdasan, kreativitas, dan ketelitian peserta dalam menghias bakulnya masing-masing.

Abdul Rahman, selaku Kordinator Desa (Kordes) Tabbinjai, mengungkap bahwa latar belakang diadakan kegiatan ini selain sebagai program kerja wajib, juga sebagai ajang untuk menjalin tali silaturahmi dengan warga setempat.

“Melalui kegiatan ini, juga dapat mengajarkan kepada masyarakat utamanya generasi muda untuk menghidupkan kembali kearifan lokal seperti perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW yang saat ini sudah hampir ditinggalkan,” Ungkapnya.

Salah satu Tokoh Pemuda, yakni Fadil juga sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena menurutnya, perlombaan Bakul Maulid merupakan Kegiatan yang amat menarik.

“Perlombaan Bakul Maulid merupakan kegiatan yang amat menarik, Sebab masyarat setempat dilatih untuk kreatif menghias secantik mungkin bakul maulidnya,” Katanya.

Lanjutnya Lagi, Fadil juga mengungkap bahwa ada nilai estetika dan keindahan yang terkandung didalamnya, Lagipula ini pertama kalinya dilakukan di Desa Tabbinjai.

Kemudian, Ia juga berharap melalui kegiatan Maulid ini kita akan semakin dekat kepada Rasulullah SAW.

Maulid ini, juga dihadiri oleh Kepala Desa Tabbinjai, BPD Tabbinjai, Staf Desa Tabbinjai, LKMD, Kader Posyandu, PKK, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, dan Tokoh Pemuda.

Wawan/Aisyah SJ