1.640 Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Se-kabupaten Bone Dikukuhkan

Dirjen PPMD, Taufik Majid di dampingi Bupati Bone Saat mengambil Sumpah KPMD

BONE, Suara Jelata— Dirjen Pembangun dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), Taufik Majid mengukuhkan 1.640 Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) se-kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Senin, (10/12/2018).

Pengukuhan KPMD di kegiatan Sarasehan Desa Nasional (SDN) 2018 Bone berlangsung di Lapangan Merdeka, Watampone Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, serta penandatanganan prasasti oleh Dirjen PPMD Taufik Majid.

Diketahui, Sarasehan Desa Nasional (SDN) 2018 di gelar oleh Pendamping Desa se-kabupaten Bone dengan Tema “Kebangkitan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa Sebagai Ujung Tombak Revolusi Desa”.

Dalam sambutan Dirjen PPMD, Taufik Majid menitipkan pesan kepada Pendamping Desa agar bekerja dengan baik, bersinergi dengan Kepala Desa, Camat, dan tentunya masyarakat di Kabupaten dibawah arahan Bupati Bone, Andi Fashar M Padjalangi.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri, makanya harus bersinergi dan berkolaborasi degan baik dari semua pihak, supaya program yang sudah kita sambut bersama ini bisa berjalan dengan baik dan mudah-mudahan ke depan bisa dikembangkan lebih baik lagi,” Pesannya.

Baca Juga:  Andi Nurhilda Seto Minta Kader Posyandu Jaga Kesehatan Ibu dan Anak

Dia menambahkan, Basis pendamping desa adalah pemberdayaan masyarakat desa, dan ada dua yang perlu diketahui.

“Pertama, kita berorientasi terhadap human capital, ini menjadi fokus kita menjadi program-program saat ini, kita harus mendorong parstisipasi masyarakat,” Tambahnya.

Jadi program tersebut besar dan bagus, tapi kalau tidak memberikan informasi kepada masyarakat di desa juga tidak ada gunanya.

“Makanya masyarakat harus ikut terlibat didalamnya secara parstipatorik dan di berikan akses yang mewadai, selanjutnya pemberdayaan, karena kita mau desa menemukan masalahnya dan menyelesaikan masalahnya secara mewadai,” Ungkapnya.

Baca Juga:  Wakil Bupati Sinjai Sapa Pedagang di Festival Buah

Untuk itu penting bagi kepala desa, pendamping desa melatih kader yang 1.640 ini untuk memotret apa yang menjadi termahal yang ada di desa masing-masing.

Kemudian bisa merumuskan apa solusi yang penting atau yang strategis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di desa dengan bertumpu pada pemberdayaan desa.

Turut Hadir, Pengembangan Ekonomi Kawasan Lutfi Latif, Direktur PMD Muh. Fahri, Direktur Pengembangan Usahan Ekonomi Desa, Bupati Bone, Andi Fashar M Padjalangi, Kapolres Bone, AKBP Muh. Kadarislam Kasim, Ketua DPRD Bone.

Juga hadir Kejari Bone, Kepala Pengadilan Bone, Denrem Bone, Seluruh SKPD Bone, Camat Se-kabupaten Bone, Desa se-kabupaten Bone, Bumdes se-kabupaten Bone dan ribuan tamu undangan lainnya.

Irfan