Wagub Sulsel Panen Kedelai di Bone, Bupati Harap Jadi Motivasi

Foto setelah panen raya kedelai

BONE, Suara Jelata— Bupati Bone, Dr. H. A Fahsar M Padjalangi, mengatakan kedelai merupakan komoditas tanaman pangan yang memiliki peranan penting dan strategis dalam pembangunan nasional.

Hal ini disampaikan saat menghadiri kegiatan Panen Raya Kedelai di Desa Kajaolaliddong, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Kamis, (27/12/2018) kemarin.

Bupati Bone, Dr. Andi Fashar M Padjalangi mengatakan, selamat atas dilaksanakannya panen kedelai, dengan harapan kegiatan ini dapat memberikan motivasi bagi diri kita semua untuk bekerja, khususnya petani di daerah.

“Kedelai tidak hanya digunakan sebagai bahan pangan, tetapi juga digunakan sebagai bahan pakan dan industri,” Katanya.

Oleh karena itu, kata Fashar, pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah menetapkan program dalam pembangunan pertanian terhadap komoditas prioritas, termasuk kedelai.

Baca Juga:  Sinjai Dikunjungi Yayasan Bertaraf Internasional, Bantuan Rutin Keagamaan di Sinjai Dirutinkan

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan, jika Ia meminta agar tetap menanam kedelai walaupun harga kedelai masih di bawah minim.

“Karena kenapa, belum ada rumusan yang baku, terkait bagaimana ketika produksi dan panen melimpah harga itu bisa naik dan stabil,” Jelasnya.

lebih lanjut, karena teori ekonominya adalah ketika produksi membludak, maka harga pasti turun. OIeh karena itu, harus ada keseimbangan antara pembeli dan pelaku produksi.

“Maka dari itu, harus di tengah-tengahnya, bagaimana petani tidak rugi dan ada profit keuntungannya,” Ucapnya.

Baca Juga:  Kongres Ke-V IMAI Kendari Dirangkaikan Dengan Berbagi Kegiatan

Di tempat yang sama, Kepala Dinas pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sulsel, Ir. Hj. Nur Fitriani, mengatakan, hasil panen telah mengalami peningkatan atas kerja keras semua para petani, termasuk penyuluh pertanian.

“Kedelai merupakan suatu komoniti mengandung nabati yang sangat diperlukan kepada tubuh manusia,” Tuturnya

Fitriani juga mengatakan, Bone ini adalah kabupaten tiga dimensi yang punya potensi sangat kaya dan punya konstribusi terbesar di Sulsel.

“Dan Bone kedepan bisa menjadi sentral untuk bawang putih. Untuk pengembangan kedepan agar di fasilitasi pengairan dimana saat ini warga biasanya tanam 2 kali setahun nanti bisa panen 3 Kali setahun,” Kuncinya.

Irfan