Bupati Sinjai Tinjau Kegiatan Operasi Katarak di Puskesmas Samaenre

Bupati Sinjai saat berada di Puskesmas
Bupati Sinjai saat berada di Puskesmas Samaenre

SINJAI, Suara Jelata— Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, berkunjung ke Puskesmas Samaenre, Kecamatan Sinjai Selatan, untuk melihat langsung kegiatan Operasi Katarak yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai. Selasa, (05/03/2019).

Agenda kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai dan Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Makassar adalah pelaksanaan screening atau pemeriksaan awal yang difokuskan di 5 puskesmas, yaitu Puskesmas Borong Kompleks, Puskesmas Biji Nangka, Puskesmas Aska, Puskesmas Mannanti dan Puskesmas Lappae dengan sasaran penderita katarak se-Kabupaten Sinjai dengan jarak pandang maksimal satu meter.

Jumlah pasien yang telah menjalani tahapan screening adalah 207 orang. Dimana jumlah pasien yang dinilai perlu mendapatkan tindakan operasi katarak sejumlah 23 orang, sisanya hanya perlu mendapatkan pelayanan obat-obatan sesuai hasil screening.

Bupati Sinjai menyampaikan, rasa terima kasih atas kehadiran BKMM yang telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sinjai tanpa dipungut biaya.

“Kegiatan ini tak hanya bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan mata bagi masyarakat umum, namun juga untuk mendeteksi gangguan penglihatan dini pada siswa sekolah,” ungkapnya.

Selanjutnya, mereka berharap kegiatan ini bisa berlanjut dan dilakukan 3 kali dalam setahun. Khusus bagi masyarakat Sinjai, sekiranya memanfaatkan kegiatan tersebut.

Adapun tim pelaksana dari BKMM terdiri dari 6 orang, termasuk 2 orang dokter spesialis mata yang melaksanakan operasi yaitu dr. Ariani, Sp.M dan dr. Noor Syamsul, Sp.M.

Selama kunjungannya, Bupati Sinjai didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, Kabid SDK dan Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai, serta Camat Sinjai Selatan.

Aisyah

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.