Dinas Kesehatan Sinjai Sosialisasi Sistem Informasi Filariasis dan Kecacingan

  • Whatsapp
Sosialisasi Sistem Informasi Filariasis dan Kecacingan Dinkes Sinjai

SINJAI, Suara Jelata— Dinas Kesehatan kabupaten Sinjai melalui Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) menggelar kegiatan sosialisasi manajemen sistem informasi filariasis dan kecacingan aplikasi e-filca. Kamis, (04/07/2019).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr Andi Suryanto Asapa yang berlangsung di Aula Pertemuan Dinas Kesehatan Sinjai, Jalan Jenderal Sudirman.

Bacaan Lainnya

Peserta kegiatan ini terdiri dari 16 Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sinjai serta pengelola kecacingan 16 Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Sinjai mengatakan bahwa, pencatatan dan pelaporan merupakan bagian yang penting dalam kegiatan POPM yang bertujuan untuk menyediakan data yang adekuat, cepat dan tepat untuk memperoleh masukan, mengukur progress dan hasil keluaran dari penanggulangan yang telah dikerjakan sehingga diperlukan adanya sistem monitoring dan evaluasi yang efektif.

“Sistem ini akan diaplikasikan secara nasional di seluruh kabupaten/kota endemis baik filariasis, kecacingan maupun Schistosmiasis, salah satunya di kabupaten Sinjai,” jelas Andi Suryanto Asapa.

Ia juga menyampaikan bahwa program tersebut akan diintegrasikan dengan Program Home Visit dan Home Care yang telah ada di kabupaten Sinjai, sehingga memudahkan petugas dalam penemuan kasus filariasis dan kecacingan.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan pengelola kecacingan Makarraus, SKM, M. Kes, kasi P2PM Provinsi Sulawesi Selatan, dr H Erwan Tri Sulistyo M. kes.

Aisyah

  • Whatsapp
loading...