Kejari Sinjai Musnahkan Barang Bukti Tindak Pidana Umum

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata—Kejaksaan Negeri Sinjai melakukan pemusnahan barang bukti tindak pidana umum yang telah berkekuatan hukum tetap, berlangsung di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sinjai. Kamis (5/9/2019).

Kepala Seksi Barang Bukti dan Rampasan, Nining Purnamawati menyampaikan, bahwa pemusnahan ini merupakan kegiatan rutin dilakukan Kejari Sinjai.

Baca Juga

Tujuannya untuk mengurangi tumpukan barang bukti yang telah memenuhi keputusan hukum tetap.

“Barang bukti tindak pidana umum tahun 2019 yang akan dimusnahkan dari total perkara 35 yang telah mempunyai hukum tetap yaitu narkotika jenis sabu sebanyak 60 gram, obat-obatan terlarang 150 butir, senjata tajam sebanyak 4, alat-alat pengisap sabu sebanyak 5, pakaian, sendal, sepatu, tas, pakaian dalam, paspor, handphone dan alat-alat untuk merakit bom,”  jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kejari Sinjai, Noer Adi mengatakan, bahwa pemusnahan ini dilaksanakan rutin 3 bulan sekali.

“Dua kategori barang bukti yang bisa diinfentarisasi, diantaranya beberapa senjata tajam dan alat-alat mesin yang notabene kategori alat yang digunakan untuk kejahatan,namun ada juga barang yang dianggap hasil kejahatan dan dua barang bukti ini sama-sama merupakan barang-barang yang berdasarkan putusan pengadilan yang telah memenuhi kekuatan hukum tetap yang secara UU harus dimusnahkan,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Sinjai, AKBP Sepbril Sesa, perwakilan Dandim 1424 Sinjai, Ketua Pengadilan Negeri Sinjai, Agung Nugroho Suryo Sulistio, perwakilan Kepala Rutan Sinjai, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan Dinas Kesehatan, para Kasi, para Jaksa lingkup Kajari Sinjai.

Loading...
loading...
  • Whatsapp

Berita Lainnya