Sekolah Lapang di Wilayah Adat Karampuang Sinjai Resmi Dibuka

Berita

SINJAI, Suara Jelata—Pembukaan Sekolah Lapang Karampuang  pengorganisasian masyarakat dan advokasi kebijakan berlangsung di Baruga Adat Karampuang, Dusun Karampuang, Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai. Rabu, (18/9/2019).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Pemangku Komunitas Adat Karampuang dengan tema, “Membangun Gerakan Sosial Masyarakat Adat Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Menuju Kehidupan yang Berdaulat, Mandiri dan Bermartabat”.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, HUMA, PW AMAN Sulsel, PD AMAN Sinjai, Masyarakat Adat Karampuang dan seluruh peserta dari Tiga Komunitas Adat di Kabupaten Sinjai.

Fasilitator dari Perkumpulan Untuk Pembaharuan Hukum Berbasis Masyarakat Dan Ekologis (HUMA), Agung.

“Saya datang ke sini bukan sebagai guru buat teman-teman namun saya datang ke sini untuk belajar bersama-sama, Karena ilmu yang banyak didapatkan itu dari lapangan semua,” katanya.

Pengurus Wilayah Aliansi Masyrakat Adat Nusantara Sulawesi Selatan (AMAN Sulsel), Shave mengatakan bahwa ini untuk pengawalan hutan adat.

“Output dari kegiatan ini yakni tercapainya keperluan data sosial dan spasial komunitas masyarakat adat Karampuang untuk keperluan pengajuan hutan adat,” tandas Shave.

Diketahui kegiatan tersebut akan berlangsung selama tanggal, 18–24 September 2019.

Laporan: Irfan (Koresponden S J)

Dapatkan update berita pilihan setiap hari dari suarajelata.com.

Mari bergabung di Halaman Facebook "suarajelata.com", caranya klik link Suara Jelata, kemudian klik ikuti.