Andi Seto Asapa: Perkembangan Literasi di Sinjai Meningkat

  • Whatsapp

Foto Bupati Sinjai Andi Seto Gadista Asapa

SINJAI, Suara Jelata—Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Sinjai, Rabu (12/2/20).

Berita Lainnya

Sedikitnya ada 30 orang yang ikut menyertai Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulsel, yang terdiri dari para pejabat eselon III dan IV serta anggota rombongan lainnya disambut oleh Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel Moh. Hasan mengatakan kunjungan kerja ini, dalam rangka pengembangan kearsipan dan perpustakaan, serta sinkronisasi program dan kegiatan tahun 2020. Selain itu dalam giat tatap muka sembari menyerap aspirasi dan ide-ide pembangunan perpustakaan

“Tahun ini menjadi tahun kinerja buat kami dan tentunya kami tidak membiarkan teman-teman di daerah untuk bekerja sendiri, makanya kami datang untuk bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Sinjai,” ungkapnya.

Salah satu bentuk sinergi dan bentuk kerjasama yang akan dibangun yakni dalam rangka peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan bimtek atau sosialisasi.

“Insya Allah kita adakan bimtek disini dan ini tidak dibiayai APBD kabupaten tapi dibackup oleh provinsi,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya mengaku memiliki tanggung jawab dalam melakukan pengembangan perpustakaan setiap daerah, sehingga pihaknya akan menerima masukan untuk menarik minat baca.

Dalam kesempatan tersebut, Moh. Hasan juga memberi apresiasi pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sinjai yang membuka pelayanan hingga dimalam hari.

“Tadi malam saya sempat lewat di depan Perpustakaan Sinjai, dan ini disana luar biasa sebab anak muda masih ngopi disana sambil membaca buku. Ini inovasi yang mesti ditiru oleh daerah lain termasuk Perpustakaan yang ada di Provinsi, ” imbuhnya.

Terkait hal itu, Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa menyambut baik kunjungan ini dan merupakan bentuk perhatian Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Daerah. Menurutnya ini sebagai suntikan motivasi untuk Sinjai agar semakin berbenah dalam mengelola kearsipan dan mengembangkan perpustakaan daerah.

Dikatakan Andi Seto, di Sinjai telah mengalami peningkatan dari segi literasi dan minat baca masyarakat, hal ini dibuktikan dengan jumlah kunjungan di Perpustakaan Daerah Sinjai semakin meningkat dari tahun ke tahun.

“Di Perpustakaan kami sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang cukup memadai termasuk dengan adanya BI corner yang merupakan bantuan dari Bank BI dan kami juga punya mobil perpustakaan keliling yang rutin melakukan pelayanan ke sekolah-sekolah, ” ujarnya.

Selain itu kata Bupati Sinjai, dengan banyaknya komunitas atau penggiat literasi di Sinjai telah banyak membantu pemerintah daerah dalam mencerdaskan masyarakat Sinjai.

Olehnya Andi Seto berharap melalui kunker ini Pemprov dan Pemda saling bersinergi dalam kearsipan dan pengembangan perpustakaan agar masyarakat Kabupaten Sinjai kedepan semakin maju dan lebih cerdas.

Hadir mendampingi Bupati, yakni Wakil Bupati Sinjai A. Kartini Ottong, Wakil Ketua DPRD Sinjai, A. Sabir, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai Lababa Paisal, dan para Pimpinan OPD lainnya. (Ads)

loading...
  • Whatsapp