Temui Kepala Kemenag, Dandim 1424 Sinjai Bahas Persoalan Shalat Berjamaah di Masjid

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sinjai, Drs H.Abd Hafid M Talla menyambut hangat kedatangan Letkol Inf. Oo Sahrojat, Dandim 1424 Sinjai yang melakukan silaturahmi dalam rangka bulan suci Ramadhan.

Kedatangannya Dandim 1424 Sinjai ini didampingi H. Syamsul Bahri, Kasubag TU Kemenag Sinjai, Drs. H. Ahmad, JFU Bimas Isam Kemenag Sinjai dan Drs. Kamriati Anies, Kasi Penmad Kemenag Sinjai.

Berita Lainnya

Silaturahmi ini berlangsung di ruang kerja Kepala Kemenag Sinjai, Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Rabu, (29/4/2020) pagi.

Dalam kesempatan ini, Letkol Inf. Oo Sahrojat menyampaiakan terkait situasi dan kondisi perkembangan pandemik Virus Corona kepada Kepala Kemenag Sinjai yang masih adanya masjid di Kabupaten Sinjai yang aktif melaksakan shalat berjamaah di bulan suci Ramadhan 1441 H/2020 M.

Menyikapi hal tersebut, Dandim 1424/Sinjai mengajak pihak Kemenag Sinjai untuk bersama-sama turun ke lapangan dengan melaksakan pendekatan kepada masing-masing pengurus masjid, tokoh masyarakat dengan memberikan himbauan dan edukasi tentang keputusan yang sudah dikeluarkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai.

“Kami dari Kodim mendukung penuh dan siap membantu pemerintah daerah dengan melakukan upaya dan langkah-langkah sehingga masyarakat bisa menerima dan menghargai keputusan tersebut” ungkap Dandim.

Kemudian, bentuk dukungan dari Kodim 1424 Sinjai, Dandim memerintahkan kepada seluruh jajaran Kodim, khususnya Babinsa yang ada di wilayah masing-masing untuk aktif memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat dan tetap mengutamakan pendekatan secara persuasif, karena ini merupakan tanggung jawab bersama, demi keselamatan masyarakat Kabupaten Sinjai.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sinjai, H.Abd Hafid sangat mengapresiasi dan mendukung penuh apa yang disampaikan oleh Dandim 1424 Sinjai, karena itu merupakan langkah dan upaya untuk mendukung keputusan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah Sinjai.

“Di sisi lain, banyak laporan yang sudah kami terima tentang masih adanya masjid yang masih aktif melaksanakan shalat berjamaah, sehingga kita harus tindak lanjuti dengan melaksanakan musyawarah bersama-sama” katanya.

Terkait dengan adanya laporan tersebut, orang nomor satu di jajaran Kemenag Sinjai ini telah memerintahkan seluruh kepala KUA tiap kecamatan, para Kepala Madrasah, Penyuluh Agama dan seluruh jajaran dalam lingkup Kemenag Sinjai untuk selalu aktif memberikan himbauan dengan melaksanakan pendekatan secara persuasif kepada seluruh pengurus masjid dan para tokoh agama untuk mendukung keputusan yang sudah dikeluarkan oleh Pemerintah.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat Sinjai tetap menahan diri untuk mengikuti himbauan surat edaran Bupati Sinjai dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sinjai terkait himbauan kepada Umat Islam terkait kegiatan keagamaan di Kabupaten Sinjai tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Corona virus disease 2019 (COVID-19).

“Bersama-sama berkontribusi untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya di Kabupaten Sinjai dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan beribadah di rumah dengan keluarga dan berdoa di rumah yang dinilai tidak mengurangi nilai ibadah kita sampai keadaan menjadi normal kembali,” kuncinya.

loading...
  • Whatsapp