Desa Saotanre Salurkan BLT DD, Ini Jumlahnya

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Pemerintah Desa Saotanre, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, melaksanakan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap pertama. Jum’at, (22/5/2020).

Proses penyaluran BLT-DD digelar secara door to door dengan total jumlah penerima sebanyak 124 Kepala Keluarga (KK) dengan menerima masing-masing Rp. 600.000 dengan total senilai Rp.74, 400, 000-( Tujuh Puluh Empat Juta Empat Ratus Ribuh Rupiah) untuk tahap pertama tahun 2020.

Bacaan Lainnya

Dari jumlah penerima BLT-DD tersebut terdiri dari 5 Dusun se-Desa Saotanre yakni, Dusun Lappa 23 KK, Dusun Saukang 37 KK, Dusun Haru 27 KK, Dusun Halimping 23 KK, serta dusun persiapan Barae 14 KK.

Data penerima bantuan tersebut diperoleh melalui hasil verifikasi dan validasi data oleh Pemerintah Desa Saotanre yang diputuskan dalam Musyawarah Desa dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa(BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Tokoh Masyarakat dan unsur terkait lainnya.

Kepala Desa Saotanre, Andi Sulaeman, mengungkapkan bahwa BLT-DD merupakan kebijakan pemerintah pusat guna mendukung stimulus ekonomi dan menjaga daya beli masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Ia menghimbau kepada warganya untuk tetap memperhatikan himbauan pemerintah dan mengikuti protokol Kesehatan untuk melawan Covid-19.

“Semoga BLT-DD ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama pandemik Covid-19, dan kami berharap masyarakat Desa Saotanre bersatu melawan Covid-19” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa semoga pandemik Covid-19 segara berakhir dan mengharapkan masyarakat Desa Saotanre tidak keluar Desa untuk sementara waktu jika hanya untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

“BUMDes telah menyiapkan kebutuhan pokok masyarakat misalnya beras. Selain itu, jika belanja di BUMDes maka masyarakat cukup memesan melalui telpon seluler dan akan di antarkan langsung oleh pengurus BUMDes. Oleh karena itu, diharapkan cukup belanja di dalam Desa saja dalam hal ini di BUMDes” jelasnya.

Sementara itu, Staf Kecamatan Sinjai Tengah, Andi Asda, mengapresiasi penyaluran BLT-DD di Desa Saotanre yang tetap mengedepankan protokoler penanganan Covid-19.

“Saya melihat penyaluran BLT-DD ini betul-betul tepat sasaran, jika masih ada warga miskin terdampak yang belum mendapatkan bantuan harap segera dilaporkan ke pemerintah setempat, jangan ribut di luar” katanya.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Desa Saotanre, Sainal Abidin mengatakan data penerima BLT merupakan hasil musyawarah Desa dan jika ada yg merasa dirugikan atau merasa miskin tapi belum terdata maka segera melaporkn ke pihak pemerintah Desa.

“Dana BLT yang diterima warga dibelanjakan hanya untuk kebutuhan primer (Sembako) sesuai peraturan kepala Desa No 8 tahun 2020 Pasal 3 ayat 8” kuncinya.

Takwa

loading...
  • Whatsapp