Brimob Yon C Pelopor Ambil Bagian Pembentangan Bendera Merah Putih di Gusung Tangkulara

  • Whatsapp

BONE, Suara Jelata— Semarak Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun masih dirasakan hingga saat ini walaupun peringatan 17 Agustus sudah berlalu beberapa hari yang lalu.

Hal ini terlihat dari semangat para peserta yang mengikuti upacara pembentangan Bendara Merah Putih di tengah perairan Teluk Bone tepatnya pada Gusung Tangkulara. Sabtu, (22/08/2020).

Bacaan Lainnya

Alasan dari gusung yang hanya muncul ketika air laut surut ini dijadikan sebagai tempat pembentangan Sang Merah Putih, karena pemandangan dari tempat ini yang eksotis dan mencerminkan wilayah Indonesia yang memiliki banyak pulau-pulau dengan keunikannya sendiri.

Dalam upacara pembentangan Bendara Merah Putih di Gusung Tangkulara, Tampak Bupati Kabupaten Bone, Andi Fahsar Mahdi Padjalangi, menjadi Inspektur upacara dan Danramil 1407/21 Palakka Kapten Chb. Eko Ermawanto selaku komandan Upacara.

Selain itu pula Forkopimda Plus Kabupaten Bone, ikut dalam acara yg telah 2 kali digelar di tempat ini.

Adapun Forkopimda yg hadir dalam upacara pembentangan Bendara Merah Putih ini adalah Dandim 1407 Bone Letkol Kav. Budiman, Kapolres Bone AKBP Try Handoko Wijaya Putra, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan Negeri, yang mewakili Kajari, Kasrem 141 Toddopuli dan Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan.

Peserta yang terlibat dalam upacara ini pun datang dari berbagai instansi, diantaranya adalah Kodim 1407 Bone, Batalyon C Pelopor, Polres Bone, Basarnas Bone, BPBD, Satpol-PP, POLTEK Negeri Bone dan Komunitas Tangkulara Bone beserta awak media.

Adapun yang terlibat dalam Pembentangan Sang Merah Putih sepanjang 75 meter di Gusung Tangkulara adalah 10 Personel dari Yon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, dan 10 Personel Kodim 1407 Bone, Basarnas dan BPBD Kabupaten Bone.

Walaupun upacara berlangsung singkat dikarenakan harus mengikuti jadwal pasang surut air laut, kegiatan ini berlangsung dengan hikmat dan penuh antusiasme dari seluruh pesertanya.

Upacara ini juga dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 sehingga jumlah pesertanya pun dibatasi.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan, mengatakan jika upacara ini dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan masyarakat khususnya 3 pilar negara terhadap Bangsa Indonesia.

“Pelaksanaan upacara pembentangan Bendara Merah Putih di Gusung Tangkulara ini adalah bukti bawah Bendera Merah Putih akan terus berkibar di seluruh penjuru tanah air baik itu di darat, laut dan udara,” kuncinya.

Tim SJ

loading...
  • Whatsapp