BPPI dan KARHUTLA Wilayah Sulawesi Verifikasi Lapangan Kampung Proklim di Sinjai

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Dalam rangka verifikasi lapangan program kampung proklim, Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran hutan dan Lahan wilayah Sulawesi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan berkunjung di Kabupaten Sinjai. Selasa, (25/08/2020).

Salah satu daerah yang dikunjungi yakni, Kelurahan Aluhanuae, Kecamatan Sinjai Utara, masuk dalam kategori proklim utama sehingga dilakukan verifikasi nasional.

Berita Lainnya

“Proklim itu sendiri ada 5 kategori ada pratama madial utama dan lestari. Jadi, kalau yang utama itu memiliki nilai di atas 81, sedangkan kalau pro iklim lestari itu sudah melakukan pemindaan 10 lokasi proklim utama. Sehingga, lokasi lingkungan ini masuk kategori proklim utama sehingga diverifikasi,” jelas Sudarwanto, selaku perwakilan dari Balai PPI dan KARHUTLA.

Untuk daerah yang lolos diverifikasi Kabupaten Sinjai ada 4 daerah diantaranya Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, Sinjai Borong, dan Bulupoddo.

“Rencana setiap lokasi satu hari, tapi nanti kita melihat kondisi di lapangan untuk kegiatan verifikasi sendiri,” tambahnya.

Adapun rangkain kegiatan ini terdiri dari tiga tahap diantaranya kegiatan utama plasi, mitigasi, dan kelembagaan/kelompok. Dimana tujuan utama dari proklim adalah meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK.

“Jika nanti lolos di proklim utama, pemerintah akan memberikan apresiasi berupa sertifikat, dan intensif seperti biasanya,” kuncinya.

Dillah Yamsir SJ

loading...
  • Whatsapp