Musim Kemarau, Warga Barambang Sinjai Borong Bersihkan Saluran Irigasi

  • Whatsapp

SINJAI, Suara Jelata— Warga Dusun Balang, Desa Barambang, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, membersihkan dan memperbaiki saluran irigasi dengan cara bergotong-royong. Minggu, (30/08/2020).

Kegiatan ini dilakukan rutin setiap minggunya untuk menghadapi musim kemarau agar pasokan air untuk petani tetap memadai sampai melewati musim kemarau.

Bacaan Lainnya

Terlihat para petani sangat bersemangat membersihkan saluran irigasi, pembersihan dilakukan untuk mencegah terjadinya penumpukan sampah, sehingga terjadi pendangkalan saluran yang nantinya akan menghambat lancarnya aliran air menuju kawasan persawahan di daerah tersebut.

Kepala Dusun Balang, Lukman mengatakan, pembersihan irigasi itu dilakukan untuk menunjang kelancaran air irigasi disemua wilayah persawahan yang ada di Dusun tersebut.

“Setiap menghadapi musim kemarau kita wajib turun meperbaiki saluran irigasi dengan cara gotong-royong bersama kelompok tani. Kalau saluran testier itu bisa menjadi tanggung jawab petani itu sendiri, ini juga salah satu cara untuk memulihkan ketahanan pangan para petani dengan lancarnya aliran air irigasi maka produksi padi dan sayuran petani dapat meningkat,” kuncinya.

loading...
  • Whatsapp