Antisipasi Bencana Merapi, Kecamatan Ngluwar Magelang Siapkan 5 Desa Tampung Pengungsi

  • Whatsapp

JATENG, Suara Jelata— Sedikitnya ada lima desa di wilayah Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang disiapkan untuk tempat pengungsi jika Gunung Merapi mengkhawatirkan. Senin, (16/11/2020).

Menurut Camat Ngluwar, Rohmad Zain, melalui Kasi Kesra Kecamatan Ngluwar Kharis Samsul Hadi, kelima desa ini meliputi Desa Jamuskauman, Desa Pakunden, Desa Ngluwar, Desa Bligo dan Desa Karangtalun.

Bacaan Lainnya

Kelima desa ini sudah pembangunan koordinasi dengan pihak Forkopimcam dan Desa bersaudara dari kawasan rawan bencana (KRB).

Terakhir, Jumat kemarin dari Desa Karangtalun juga sudah kerjasama dengan desa bersaudara yang akan ditampung jika pengungsi benar-benar terjadi.

“Kita dari Kecamatan Ngluwar sudah siap semua. Tinggal menunggu koordinasi dari BPBD Magelang. Jika sudah ada pemberitahuan untuk bersiap menyambut pengungsi ya kita sudah siap sedia,” ujar Kharis Samsul Hadi diamini Tahrir.

Kesiapan pihak Kecamatan Ngluwar menghadapi bencana Merapi benar-benar dibuktikan. Hal ini tampak terlihat dari seluruh kelengkapan fasilitas pendukung telah disiagakan.

Ditambahkan Tahrir, warga yang akan mengungsi di lima desa bersaudara tersebut di tempatkan di Tempat Evakuasi Akhir (TEA), yang dimiliki masing-masing desa.

Namun, karena masih masa pandemi Covid-19, TEA dibatasi jumlah pengungsi sehingga sebagian akan ditempatkan di rumah-rumah warga yang tidak dihuni.

“Tapi tetap kita sekat-sekat dengan tripleks. Penyekatan belum dilakukan karena harus menunggu instruksi dari BPBD. Jika BPBD menyampaikan Ngluwar siap sambut pengungsi, baru kita bikin biliknya,” jelas Tahrir.

Selain penampung warga, juga disediakan penampungan ternak milik pengungsi dan kendaraannya. Agar selama tinggal di penampungan ternak dan kendaraan mereka, aman.

Pada bagian lain, untuk melengkapi dan memudahkan penanganan bencana pihak Kecamatan Ngluwar telah membangun posko induk penanggulangan bencana. Posko ini dibangun non anggaran dan tidak hanya menangani bencana Merapi.

“Posko yang digagas Camat Nguwar ini untuk menangani semua bencana. Sebab Ngluwar memiliki catatan bencana puting beliung maupun longsor dan pohon tumbang,” kuncinya.

Agung Libas

loading...
  • Whatsapp