Perpajakan dan Progresif Pembangunan Infrastruktur

  • Whatsapp

OPINI, Suara Jelata— Menurut Prof.Dr.Rochmat Soemitro dalam Mardiasmo (2018) Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan Undang-Undang dengan tiada mendapat jasa timbal(kontraprestasi) yang lansung dapat dituntukkan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum.

Menurut UU Nomor 28 Tahun 2007 (Pasal 1:1) Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara lansung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. (https:/www.harmony.co.id/).

Bacaan Lainnya

Sehingga fungsi pajak yaitu mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan, khusunya didalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai semua pengeluaran khususnya dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak pajak merupakan sumber pendapatan negara untuk membiayai semua pengeluaran pembangunan.

Asumsinya, apapun yang dikerjakan pemerintah melalui pembangunan infrastruktur mulai dari proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan infrastruktur pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
Fungsi pemerintahan menurut Nurcholis (2011,h.293) yaitu membangun fasilitas ekonomi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Seperti tersedianya infrastruktur jalan yang memadai maka akan dapat memperlancar perekonomian masyarakat mengingat infrastruktur jalan merupakan faktor pendukung yang penting. Menurut Nurcholis (2011, h.295) melalui pembangunan fasilitas dan sarana pembangunan ekonomi daerah maka potensi ekonomi masyarakat yang masih lemah bisa di aktualkan.

Pembangunan infrastruktur di Indonesia merupakan tolak ukur perkembangan suatu Negara. Dengan terus dilakukannya perkembangan infrastruktur tentunya akan meningkatkan daya saing ekonomi nasional maupun internasional. Rencana pembangunan infrastruktur tentunya membutuhkan biaya untuk merealisasikannya.

Dari mana asal dana untuk membiayai pembangunan infrastruktur? Sumber pendanaan proyek pembangunan infrastruktur salah satunya berasal dari APBN yang 70 persennya berasal dari pajak. (https://www.pajak.go.id).

Saat ini pembangunan infrastruktur menjadi perioritas pemerintah maka dari saya pribadi dan kita semua sebagai warga negara hendaknya berbangga dalam membayar pajak meskipun dalam keadaan pandemi.

Karena dengan pajak progresifitas pembangunan infrastruktur juga dapat secepatnya terealisasikan. Karena pajak merupakan pendapatan negara yang bisa dikatakan mampu mendongkrak pendapatan negara sehingga kita bisa merasakan pembangunan pemerintah yang nantinya juga berguna untuk kesejahteraan bersama.

Penulis: Nurhikma, Jurusan Ekos IAIM Sinjai

Opini ini diluar tanggung jawab Redaksi

loading...
  • Whatsapp